Suasana Warga Binaan Lapas Kelas II A Barelang saat dikunjungi keluarga, Rabu (26/12/2018). Foto/BX/Rega

BatamXinwen, Batam – Sebanyak 106 warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Barelang mendapatkan remisi atau pengurangan masa lamanya hukuman pada Natal dan Tahun Baru 2019 ini. Mereka yang menerima remisi tersebut, beragama Katolik dan Kristen.

Kasubsi Registrasi Lapas Kelas II A Barelang Bachtiar, Rabu (26/12) menjelaskan, Pemberian remisi diberikan langsung oleh Kepala Divisi (Kadiv) Pemasyarakatan Kanwil Kemenkum HAM Kepri Dedi Handoko juga bersama dengan warga binaan LPP Kelas IIB Batam, warga binaan LPKA Kelas II Batam serta warga binaan Rutan Klas IIA Batam.

Dijelaskan lagi, 106 yang mendapat remisi 2 orang langsung bebas dan satunya lagi masih menjalani subsider karena dendanya tak dibayar sehingga harus menjalani kurungan untuk penggantinya.

“Bahkan bukan hanya remisi saja yang dilakukan oleh pihaknya. Lapas juga gelar Open House selama dua hari bagi warga Nasrani mau pun Agama lainnya,” katanya.

Dalam satu hari kemarin, kata Bachtiar, tercatat 1086 orang jumlah pengunjung. Mereka juga mengunjungi 325 orang yang dikunjungi oleh keluarga binaan Lapas Kelas II A Barelang.

“Untuk hari ini, pihaknya belum bisa merincikan karena kita masih buka, untuk para pengunjung, dan penutupan jadwal Open House Ini pada pukul 16.00 WIB,” tambah Bachtiar.

Ia berarap bagi warga binaan beragama Katolik dan Kristen untuk kedepannya, bisa menjalani pidana dengan baik dan bisa berubah dengan adanya acara open house tersebut.

“Tujuannya mendekatkan mereka pada keluarga memberikan efek fisiologis terhadap mereka para binaan,” pungkasnya.

Pantauan BatamXinwen.com di lokasi, para terpidana dan keluarga terlihat girang bercengkraman. Mereka saling ngobrol tidak ubahnya seperti di rumah. Tangisan haru disertai pelukan hangat bagi keluarga, juga mewarnai suasana saat itu.(rega)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here