Jefridin, Sekda Kota Batam Menyerahkan Sertifikat Protkes ke Perwakilan Travelodge Hotel Batam/BX

Batamxinwen, Batam – Sebanyak 150 hotel di Kota Batam menerima sertifikat penerapan pelaksanaan protokol kesehatan. Acara serah terima oleh Seketaris Daerah (Sekda) Kota Batam, Jefridin, bertempat di Travelodge Hotel Batam, Rabu (23/9).

Jefridin mengatakan sertifikat ini sebagai apreasi Wali Kota Batam, Muhammad Rudi kepada pelaku jasa perhotelan yang telah mematuhi dan melaksanakan protokol kesehatan di tempat usahanya. Adanya sertifikat ini juga dapat memberikan keyakinan bagi tamu hotel tersebut sudah diakui pemerintah.

“Pesan Pak Wali (Muhammad Rudi) sertifikat sudah diterima, informasikan di media sosial bahwah sudah menerapkan protokol kesehatan,” katanya.

Dihadapan pelaku perhotelan, Jefridin menyampaikan jika protokol kesehatan dilaksanakan dengan baik niscaya dapat mencegah penularan Covid-19 di Kota Batam. Adapun protokol kesehatan tersebut diantaranya memakai masker, menyediakan tempat mencuci tangan dan hand sanitizer, mengecek suhu tubuh, dan menjaga jarak.

“Kemudian misalnya kapasitas tamu 200 orang, 50 persen saja yang diisi,” pintanya.

Ia menginformasikan pada Bulan Desember akan diproduksi vaksin, dapat terwujudlah harapan untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara. “Saudara kita Singapura, Malaysia sudah rindu ke Batam, pelaku hotela siap-siap hotel Batam akan diserbu,” terangnya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam, Ardiwinata mengatakan Pemerintah Kota (Pemko) Batam melalui Disbudpar Kota Batam dan Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD) Kota Batam terus mengawasi pelaksanaan protokol kesehatan di perhotelan. “Kami berharap hotel yang belum melaksanakan protokol kesehatan dapat segera melaksanakannya,” pinta Ardi.

Ardi berharap pengelolah pariwisata tegas menerapkan protokol kesehatan guna memberikan rasa aman dan nyaman kepada wisatawan. “Pelaku hotel jangan kompromi dengan tamu atau pengunjung, baik karyawan dan tamu wajib memakai masker, menjaga jarak,” tegasnya.

Selain memberikan kenyamanan bagi pengunjung, penerapan protokol kesehatan yang baik bakal memberikan kepercayaan bagi wisatawan mancanegara. “Dapat meningkatkan kepercayaan orang luar kepada Batam, bahwa Batam sudah menerapkan protokol kesehatan,” ucapnya.

Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Muhammad Mansur mengucapkan terima kasih kepada Wali Kota Batam, Muhammad Rudi telah memperhatikan kepada pelaku pariwisata dengan diberikannya sertifikat penerapan protokol kesehatan. Menurutnya sertifikat ini bermanfaat bagi pelaku perhotelan dapat meningkatkan kepercayaan kepada tamu yang datang.

“Semenjak pandemi covid-19 hotel secara langsung melaksanakan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah maupun protkes ditetapkan oleh PHRI, sertifikat ini menjadi nilai tambah agar tamu kami dapat merasa aman dan nyaman,” ucapnya.

Ia mengajak pelaku perhotelan dapat menjalankan amanah yang diberikan oleh Pemko Batam. “Mari bersama kita menjalankan protokol kesehatan,” ajaknya.

Seketaris Daerah Batam, Jefridin menyerahkan secara simbolis kepada 10 perwakilan hotel yakni Travelodge Hotel Batam, Grand I Hotel Batam, Harris Resort Barelang, The BCC Hotel dan Residance, Asialink Batam by Prasanthi, Nongsa Point Marina dan Resort, Best Western Premier Panbil, Aston Batam Hotel dan Residance, Radisson Golf dan Convention Center Batam, dan Beverly Hotel.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here