Ilustrasi Seleksi Anggota KPU

BatamXinwen, Karimun – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karimun telah menetapkan sebanyak 363 orang Calon Legislatif pada Pemilu 2019 mendatang. Jumat (21/9)

Penetapan tersebut telah diumumkan pada rapat pleno penetapan DPT Pemili 2019. Ada satu orang Bacaleg yang dinyatakan gugur oleh KPU.

“Sebelumnya ada 364 Bacaleg, tapi satu orang gugur karena yang bersangkutan tidak melampirkan surat pengunduran diri dari statusnya sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN),” ujar Ketua KPU Kabupaten Karimun, Eko Purwandoko.

Sebelumnya, ada beberapa orang Bacaleg yang dinyatakan mengundurkan diri dari DCS dengan problem yang berbeda.

“Ada DCT dari Partai Demokrat atas nama RA. Ia tetap dinyatakan masuk dalam DPT, meski ia tersangkut permasalahan pidana karena diduga melakukan penggelapan uang hasil dari menggadaikan BPKB milik orang lain. Kita tidak mencoret namanya karena masih belum ingkrah proses hukumnya. Bisa saja ia terus melakukan banding di pengadilan nanti, dan apabila sudah ada keputusan baru akan kita tindak lanjuti,” tambahnya.

Selain penetapan DCT Pemilu 2019 nanti, saat ini pihaknya bersama stackholder lain juga sedang melakukan pembahasan terkait lokasi kampanye dan peletakan alat peraga kampanye.

Untuk lokasi kampanye, dalam aturan PKPU telah diatur mengenai lokasi- lokasi yang diperbolehkan untuk dilakukan kampanye. Tentunya, lokasi yang tidak diperbolehkan yakni tempat pelayanan publik seperti sekolah, kantor dan perguruan tinggi. (Trie)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here