Foto: Rusman - Biro Pers Sekretariat Presiden

Batamxinwen, Jakarta – Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyebut 120 ribu tempat tidur di rumah sakit (RS) yang disediakan untuk pasien COVID-19 telah terisi 90 ribu. Jumlah itu meningkat tajam sebelum adanya varian delta muncul.

Budi Gunadi mengatakan seluruh tempat tidur di RS se-Indonesia berjumlah 400 ribu. Dari jumlah itu dialokasikan 30% untuk pasien COVID-19 sehingga totalnya sekitar 120 ribu.

“Sebelum Lebaran yang diisi cuma 23 ribu, jadi kita masih punya ruh cukup banyak. Tapi dalam 6-7 minggu terakhir angka 23 ribu itu sekarang sudah naik ke 90 ribu. Jadi kita sudah ada 90 ribu tempat tidur yang terpakai untuk merawat rekan-rekan kita, saudara kita yang terpapar,” katanya dalam rapat kerja bersama Komisi IX DPR RI, Selasa (17/3/2021).

Kekurangan yang ada di RS saat ini dinilai terjadi pada masalah di hulunya yakni kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan. Untuk itu, Budi Gunadi meminta masyarakat di rumah saja untuk mengurangi penyebaran varian delta.

“Jadi ini kembali ke kita bersama bagaimana kita benar-benar harus disiplin mengurangi pergerakan secara disiplin, kemudian jangan ke mana-mana dulu di masa varian delta ini menyebar. Karena ini sudah kejadian, kita yang bergerak di bidang hilir harus melakukan yang terbaik yang bisa kita lakukan,” tuturnya.

“Apapun yang kita lakukan di RS tidak akan pernah cukup kalau kita tidak membereskan di sisi hulunya. Kalau kita disiplin menjaga jarak, memakai masker, dan jangan ke mana-mana, tapi stay at home itu penting sekali,” tambahnya.

Budi Gunadi mengingatkan kepada masyarakat jika kenaikan kasus COVID-19 sangat menentukan nasib petugas di RS.

“Kasihan teman-teman di RS, kasihan para dokter, kasihan para nakes yang nanti akan menerima gelombang pasien yang akan masuk,” tuturnya.

Sumber: detikcom

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here