Ada Kapal Lancang Kuning ‘Terdampar’ di Tanjungpinang

Batamxinwen, Tanjungpinang- Kota Tanjungpinang Kepri terkenal dengan sejarah dan budaya. Dimana, di kota Tanjungpinang banyak monumen yang dibangun seperti, monumen Gonggong, monumen Tugu Sirih dan monumen Raja Ali Haji Fisabilillah.

Kini, Tanjungpinang memiliki Monumen atau tugu kapal Lancang Kuning yang berlokasi di jalan jalan bandara Ganet Km 13 Kota Tanjungpinang yang hampir selesai pekerjaannya oleh dinas pemerintahan Provinsi Kepri yakni PUPR Kepri

Tugu Lancang Kuning ini tinggi kurang lebih 7,5 meter, bercat kuning keemasan.

Salah satu warga Tanjungpinang bernama Nelly sangat senang dengan ada monumen atau tugu Sirih tersebut.

“Kami sebagai masyarakat Tanjungpinang senang  ada destinasi wisata baru di Tanjungpinang, ” kata Nelly, Minggu (27/11/2022).

Menurut Nelly, diri baru pertama ke lokasi serta berselfi ria di lokasi.

“Iya kami baru ke lokasi, di sini kami berselfia Ria, ” tutup Nelly

Diketahui,perahu berwarna kuning dengan ukuran sedang dan besar ini biasa digunakan sebagai kendaraan resmi para raja atau datuk dan pembesar dikala itu.

Sedangkan perahu kecil yang biasa digunakan rakyat kebanyakan disebut lancang. Pada masa berikutnya, Lancang Kuning menginspirasi pemusik untuk menjadikannya sebuah lagu berjudul Lancang Kuning. Selain itu, dijadikan lambang kerajaan, kedatukan, dan pemerintahan.(m.holul)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini