Polda Sumut Terjunkan 7.750 Personel Amankan Natal dan Tahun Baru 2020. (Foto/SINDOnews)

Batamxinwen, Medan – Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Utara terjunkan 7.750 personel untuk mengamankan perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. Jumlah ini terdiri 652 personel Polda Sumatera Utara, serta 7.098 personel dari wilayah Polres masing masing.

“Nantinya Polri akan dibantu oleh personel gabungan dari TNI, Satpol PP, Dinas Pemadam Kebakaran serta Dinas Perhubungan,” kata Kasubbid Penmas Polda Sumut AKBP MP Nainggolan kepada wartawan, Sabtu (14/12/21019).

Nainggolan menambahkan, ada 334 prajurit TNI yang akan membantu. Tak hanya itu, 280 anggota Dinas Pemadam Kebakaran, 130 personel Dinas PU, 440 personel Satpol PP.

“Kemudian ada dari Dinas Perhubungan 550 personel, Dinas Kesehatan 60 personel dan Pramuka 220 personel,” imbuhnya.

Pengamanan Nataru 2020 ini nantinya akan dikemas menjadi Operasi Lilin Toba. Untuk memberikan kenyamanan kepada masyarakat, maka target pengamanan dilakukan di beberapa gereja, pusat perbelanjaan seperti mal, pasar, bank, supermarket, tempat rekreasi, terminal bus hingga bandara.

“Kita juga mengantisipasi rawan kriminalitas, perkelahian antar kelompok dan antar kampung serta rawan teror di kota-kota besar di Sumut,” jelasnya.

Tak hanya itu, kata Nainggolan, pihaknya juga mendirikan Pos pengamanan (Pospam) di 102 lokasi dan Pos pelayanan (Posyan) 34 lokasi. Pos ini tersebar di beberapa lokasi termasuk jalur arus mudik dan arus balik.

MP Nainggolan menyebutkan, Operasi Lilin Toba 2019 ini rencananya akan dilaksanakan selama 10 hari. Akan tetapi sampai sejauh ini, tutur dia, waktu pelaksanaan operasi tersebut belum ditentukan kapan akan dimulai.(*)

Sumber: Sindonews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here