Amsakar Achmad saat meresmikan salah satu posyandu di kawasan Batu Aji. Foto : Rega/ BX

Batamxinwen, Batam – Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad meresmikan tiga posyandu yang berada di Kecamatan Batu Aji, Selasa (14/1/2020) pagi.

Ketiga posyandu itu berlokasi di RW11 Perumahan Air Mas Mandar Paradise, Puskopkar Kelurahan Bukit Tempayan, dan Fasum Bina Ummah RW11 Kelurahan Kibing Kecamatan Batu Aji.

Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad mengungkapkan bahwa posyandu ini merupakan pembangunan tahun 2019 lalu.

“Sebanyak 16 posyandu dibangun tahun 2019. Selebihnya di 2018. Posyandu ini kita bangun atas permintaan warga yang disampaikan melalui musrenbang (musyawarah perencanaan pembangunan),” kata Amsakar.

“Peresmian posyandu ini langsung diresmikan oleh pak Wali hanya saja kali ini pak Wali tak dapat hadir sehingga saya yang meresmikan,” sambungnya.

Ia mengatakan bahwa kehadiran posyandu dapat mengangkat spirit dan semangat para kader-kader posyandu dengan insentif yang tak seberapa.

“Insentif yang diberikan kepada kader tidak seimbang dengan peran para kader. Karena itu, ia berharap kader dapat ikhlas dalam memberikan pelayanan kepada anak-anak yang datang ke posyandu,” terangnya.

Ia juga menyebutkan pemerintah yang berterima kasih kepada para kader Posyandu. Karena, di tangan kader, anak bangsa mulai dibentuk karakternya.

“Pemko Batam yang berterima kasih pada ibu-ibu kader karena memang di tangan ibu-ibu inilah anak bangsa kita mulai dibentuk. Bahkan para kader berkerja ikhlas tanpa ada insentif yang lebih,” sebutnya.

Ia mengatakan, di tahun 2030-2035 Indonesia dikatakan akan memiliki bonus demografi. Saat itu komposisi penduduk usia produktif mencapai 60-70 persen. Artinya perlu diberi perhatian serius terhadap aspek kesehatannya sejak dini.

“Untuk mengukur IPM (indeks pembangunan manusia), kita harus lihat kesehatan, pendidikan, baru pendapatan. Jadi kesehatan memainkan peran penting. Mudah-mudahan posyandu kita ini memberi arti dan makna untuk kota kita,” katanya.

Sementara itu, Nanang Guntur, Ketua RW 11, Perumahan Air Mas Mandar Paradise Kelurahan Bukit Tempayan, Kecamatan Batu Aji mengatakan, bahwa kehadiran posyandu dapat bermanfaat dikalangan masyarakat.

“Mudahan setelah diresmikan posyandu di perumahan Paradise dapat bermanfaat untuk warga. Atas nama warga saya mengucapkan terimakasih banyak,” kata Nanang.

Selain itu, kata Nanang, perumahan Paradise yang bapak resmikan ini adalah yang pernah demo ke Pemko terkait sertifikat.

“Setelah ada demo ke Pemko dan akhirnya sertifikat dikeluarkan,” sebutnya.

Dia mengatakan, selama di era kepimpinan Rudi dan Amsakar Achmad pembangunan di bidang infrastruktur semakin berkembang pesat. Begitu juga dengan percepatan infrastruktur kelurahan (PIK).

“Ini sangat berkembang pesat, bahkan dengan adanya posyandu ini akan membantu masyarakat,” kata Nanang.

Di tempat yang sama, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Batam, Arlon Veristo mengatakan, pembuatan posyandu tersebut telah lama diminta warga. Namun sekarang baru dapat terealisasi.

“Kehadiran posyandu ini sangat membantu warga setempat ya, dengan adanya Posyandu ini warga tidak perlu jauh datang ke Puskesmas. Kalau anak yang diare atau sakit perut dan ibu-ibu hamil bisa langsung ditangani,” kata Politikus NasDem itu. (rega)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here