Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam, Syahrul Huda/BX/Foto: Fathur

Batamxinwen, Batam – KPU Kota Batam memprediksi Daftar Pemilih Khusus (DPK) jadi penyumbang angka Golongan Putih (Golput) pada Pemilu 2019 di Kota Batam.

Meningkatnya angka golput tersebut bukan disebabakan enggannya masyarakat memilih. Tapi karena pemilih tidak mendapatkan surat suara karena jumlahnya terbatas.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam, Syahrul Huda mengatakan, keterbatasan surat suara tersebut sudah diungkapkannya berulang kali kepada seluruh instansi yang ikut menyukseskan Pemilu 2019 ini.

Namun dalam pelaksanaannya, banyak yang tiba-tiba kebingungan karena stok surat suara untuk DPK habis di KPU Batam.

“Keterbatasan surat suara ini sudah saya sampaikan terutama kepada seluruh Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). Jatah dari setiap TPS untuk DPK hanya dua persen, dan bisa bertambah di atas dua persen juga. Namun harus digarisbawahi, penambahan akan diberikan jika apabila kertas suara masih tersedia, kalau sudah tidak ada ya mau gimana lagi,” ujar Huda pada Batamxinwen.com, Kamis (18/4).

Perkiraan tingginya angka golput tersebut terlihat dari banyaknya Ketua KPPS yang mendatangi kantor KPU Batam untuk meminta surat suara tambahan pada hari pelaksanaan pemilu.

Selain permasalahan kurangnya surat suara, Huda mengungkapkan bahwa masih banyak masyarakat yang tidak mengerti cara menggunakan hak suara mereka melalui DPK.

“Semalam terlihat jelas, ratusan masyarakat datang ke kantor KPU Batam karena tidak bisa ikut memberikan hak suaranya. Pada saat saya lihat ternyata mereka belum mendaftar formulir A5 yang harusnya diisi sebelum 10 April lalu, makannya ditolak menyuarakan hak pilih di TPS,” paparnya.

Menurutnya, permasalahan formulis A5 ini sudah jauh-jauh hari disosialisasikan langsung kepada masyarakat baik melalui media cetak, elektronik, dan online.

“Tentu saya ingin sekali menyukseskan Pemilu 2019 lalu, tapi kalau masalahnya karena surat suara terbatas dan minimnya anggaran, ya mau bagaimana?,” tutupnya. (Fathur)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here