Antisipasi Virus Corona, Rutan Batam Perketat Pemeriksaan untuk Keluarga Napi

Batamxinwen, Batam – Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM mengeluarkan edaran jam kunjungan untuk keluarga narapidana di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Barelang Batam.

Hal itu dilakukan sebagai antisipasi penyebaran virus corona sehingga jam kunjungan dibatasi sementara di Rutan Batam Kepulauan Riau.

“Jam kunjungan dibuka pada Senin, Rabu Jumat pendaftaran dibuka pada pukul 9.00 hingga 13.00 WIB, kunjungan selesai jam 14.00 WIB sedangkan untuk Jumat, sekitar pukul 9.00 hingga 11.00 WIB,” ungkap Kepala Rutan kelas II A Batam Iyan Patmos kepada batamxinwen, Rabu (18/3).

Dia mengatakan, bukan hanya pembatasan jam kunjungan saja akan tetapi untuk mencegah penyebaran virus Corona pihaknya juga melakukan pembersihan di lingkungan Rutan.

“Kita juga melakukan penyemprotan cairan disinfektan sebagai upaya antisipasi penyebaran virus corona,” kata dia.

Selain itu, kata Yan pihaknya juga memperketat bagi semua keluarga warga binaan, diperiksa sebelum melakukan kunjungan ke Rutan.

“Kita juga menyediakan masker, pembersih tangan dan westafel bagi para pengunjung,” kata Yan.

Hal yang sama juga dilakukan di Lapas II Batam untuk mencegah penyebaran virus Corona, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Batam melakukan doa hajat dan doa bersama yang diselenggarakan di masjid Lapas yang diikuti oleh ratusan warga binaan serta petugas Lapas Batam.

“Ini kita gelar untuk mencegah sejak dini terhadap penyebaran virus corona. Terutama untuk saudara napi yang berkunjung,” jelasnya.

Selain itu, sesuai surat edaran sekjen Kementerian Hukum dan Ham RI untuk kunjungan akan dilakukan pembatasan hanya pada hari Senin, Rabu dan Jumat. “Kita akan terapkan Senin depan,” tutupnya. (Rega)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini