Bupati dan unsur pimpinan DPRD Karimun usai menandatangani APBD KArimun 2019, foto : Trie/BX

BatamXinwen, Karimun – Nota Keuangan APBD Kabupaten Karimun tahun 2019 disahkan sebesar 1,5 triliun dalam rapat paripurna DPRD Karimun, Jumat (30/11) sore.

Nota Keuangan dan Ranperda APBD TA 2019 disetujui DPRD Karimun dan disahkan menjadi Peraturan Daerah (Perda), setelah mendengar pembacaan tanggapan dari seluruh fraksi serta jawaban Bupati Karimun, Aunur Rafiq atas pandangan fraksi.

”Setelah disetujui bersama APBD Karimun kami sahkan menjadi Rp 1,5 triliun,” ujar Ketua DPRD Karimun, M Yusuf Sirat.

Awalnya APBD Karimun ditetapkan sebesar Rp. 1,3 triliun. Namun, setelah banyaknya penambahan dana transferan dari pusat, baik itu dari Dana Alokasi Khusus (DAK), Dana Alokasi Umum (DAU), serta Dana Desa (DD) maka APBD Karimun mengalami kenaikan 74 persen.

”DAK di bidang infrastruktur dan Kesehatan, kemudian DAU serta Dana Desa (DD) yang nilai mencapai Rp 100 miliar,” kata Yusuf.

Bupati Karimun, Aunur Rafiq mengatakan, ada lima skala pioritas sesuai dengan visi misi Bupati dan Wakil Bupati yang akan dicapai pada tahun 2019, yakni dari segi pembangunan infrastruktur, pemerataan pembangunan infrastruktur, revitalisasi untuk kesehatan dan pendidikan, peningkatan masalah perikanan, pertanian dan alat tangkap serta penataan birokrasi dapat diterapkan dengan baik.

”Penyusunan APBD 2019 tetap memprioritaskan di bidang Pendidikan dan kesehatan dengan tetap menjaga sinergitas terhadap program prioritas lainnya,” ucap Aunur. (trie)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here