Arus Mudik Bandara Hang Nadim Normal

Ratusan penumpang pesawat mengantre untuk check-in di Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Nongsa, Sabtu (9/7). Banyak yang memilih pulang pada H+3 dikarenakan tiket pesawat lebih murah dibanding hari sebelum hari raya. F.Rezza Herdiyanto/Batam Pos

BATAMXINWEN.COM, Batam – Manajemen Bandara Internasional Hang Nadim mencatat puncak arus mudik dari Batam Kepulauan Riau sudah terjadi pada Kamis hingga Jumat, atau H-3 sampai H-2 Idul Fitri 1438 Hijriah, dan pada Sabtu ini jumlahnya mulai berkurang.

“Hari ini sudah mulai mengalami penurunan. Puncaknya dua hari kemarin,” kata General Manager Operasional Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Suwarso di Antara, Sabtu.(24/06/2017).

Ia mengatakan, pada Kamis (22/6) jumlah pemudik yang meninggalkan Batam ke berbagai tujuan di Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Bali mencapai 10.947 orang, sementara yang datang 8.142 orang penumpang.

Sementara pada Jumat (23/6) pemudik yang meninggalkan Batam melalui Bandara Internasional Hang Nadim mencapai 10.986 orang dan yang tiba di Batam mencapai 9.351 orang penumpang.

“Perkiraan kami hari ini masih akan mencapai di atas 9.000 orang pemudik. Namun kecenderungannya sudah lebih sepi dibanding hari-hari sebelumnya,” kata dia.

Suwarso mengatakan, puncak arus mudik di Hang Nadim Batam pada Kamis dan Jumat mengalami penurunan dibandingkan periode sama 2016.
“Tahun lalu H-3 dan H-2 pemudik yang meninggalkan Batam di atas 12.000 orang per hari. Jadi bedanya hampir seribuan per hari jika dibandingkan tahun ini,” kata Suwarso.

Dari H-10 hingga H-2, jumlah pemudik yang meninggalkan Batam menggunakan transportasi udara diperkirakan sudah mendekati 90 ribu orang dengan didominasi tujuan Pulau Jawa dan Sumatera.

Selain menggunakan jadwal penerbangan reguler, pemudik juga diangkut menggunakan jadwal tambahan oleh Lion Air, Citilink, dan Sriwijaya Air.
“Perkiraan kami mereka akan kembali mulai H+3 Lebaran atau Rabu pekan depan. Meskipun puncak arus balik masih Sabtu dan Minggu pekan depan,” kata dia.(red/di).

Sumber: Antara

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here