Polisi membagikan masker kepada pengendara motor di Dabo Singkep. Foto : Pra/BX

Batamxinwen, Lingga – Asap kiriman dari Provinsi daerah tetangga sudah mulai masuk kembali ke Kabupaten Lingga khususnya Dabo Singkep, asap tersebut diduga berasal dari Provinsi Jambi yang saat ini memiliki titik panas atau hot spot kebakaran lahan dan hutan (karhutla).

Hal ini disampaikan Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dabo Singkep, Sahat Mauli Pasaribu.

“Pantauan arah dari tenggara selatan, sumbernya titik apinya kalau kita lihat dari Tanjung Jabung, Jambi dan Bangka Belitung,” kata Sahat Jumat (18/10).

Ditambahkan pria yang akrab dipanggil dengan nama Sahat ini, BMKG belum bisa memastikan kabut asap sampai kapan akan menyelimuti Kabupaten Lingga, namun Sahat mengharap agar masyarakat Kabupaten Lingga untuk tetap waspada terhadap terjadinya kabut asap.

Terpisah Kapolres Lingga, AKBP Joko Adi Nugroho, melalui Kasat Binmas Polres Lingga, AKP Supama menuturkan Polres Lingga membagikan 1000 masker pada para pengendara motor di lampu merah depan mesjid Az-zulfa serta sejumlah titik yang lain.

“Kita dari Sat Binmas Polres Lingga spontan langsung membagikan masker kepada pengendara yang melintas di lampu merah, karena melihat asap cukup tebal dan dapat berdampak buruk terhadap kesehatan.” AKP Supama.

Sementara itu, Herlina (34) warga Dabo Singkep yang berhasi dijumpai mengaku sempat panik saat melihat asap tebal yang menyeliputi Dabo Singkep, ibu dua orang anak ini mengaku langsung berlarian menuju ke sekolah anaknya saat mengetahui adanya kabut asap.

“Pagi ini kabutnya tebal, anak saya kemaren sampai sakit gara-gara pengaruh asap,”ujar Herlina.(pra)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here