Batamxinwen, Batam – PT Adhya Tirta Batam (ATB)—perusahaan yang menangani dan mengelola air bersih— di daerah itu diminta menerapkan sistem pengamanan khusus pada meter air konsumen, agar tetap aman dan tidak mudah dicuri.

Permintaan ini disampaikan Anggota DPRD Kota Batam Tan A Tie menjawab keluhan warga di Kompleks Ruko Citra Mas yang mengalami kehilangan meter karena dicuri.

Menurut politisi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) itu, penerapan sistem keamanan pada meter air warga dimaksud untuk menjaga keamanan barang kebutuhan fital masyarakat tersebut. Jika masih dengan sistem pemasangan seperti saat ini yang mudah dicuri, maka tentunya akan memberi dampak kerugian bagi masyarakat. Bayangkan saja jika satu buah meter air warga harus keluarkan biaya Rp500 ribu, dan jika selalu hilang maka akan ada sejumlah uang yang keluar untuk membayar pemasnagan ulang meter tersebut. “Kan kasihan masyarakat pelanggan,” katanya.

Selain itu, Tan A Tie yang sering disapa Alek itu berharap aparat kepolisian bisa memburu, menangkap dan memroses para pelaku pencurian meter air warga, agar bisa memberi efek jera bagi siapa saja yang punya niat mencuri. “Ini tentu demi keamanan dan kenyamanan warga kita juga,” katanya.

Sekadar untuk diketahui, warga Kompleks Ruko Citra Mas mengalami musibah kehilangan meter air. Tak tanggung-tanggung ada 7 meter milik penghuni komplek ruko itu hilang.

Musibah itu terjadi pada Senin sekira pukul 22.00 WIB. Kejadian itu langsung diinformasikan ke aparat kepolisian juga ke pihak ATB untuk segera memasang kembali meter air tersebut. Namun demikian, pihak ATB menolak untuk langsung memasang meter air tersebut meskipun warga telah melunasi biaya meter, yang dibandrol Rp500 ribu untuk satu meter air.

Tak terima dengan penolakan manajemen ATB, warga lalu mengadu ke wakilnya di DPRD Kota Batam. Tan A Tie alias Alek pun turun tangan dan melakukan koordinasi dengan manajemen ATB. Koordinasi itupun membuahkan hasil. Meter para penghuni ruko itu pun langsung dipasang.

“Ya kita desaklah manajemen ATB untuk hari ini lakukan pemasangan dan sudah dipasang. Air kan kebutuhan primer warga kalau ditunda pemasangan bagaimana pemenuhan kebutuhan air warga itu,” katanya.*r

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here