Pelayanan di ATB. Foto : istimewa

Batamxinwen, Batam – PT Adhiya Tirta Batam (ATB) tidak akan melayani dan memfasilitasi penyuplaian air bersih ke industri plastik yang ada di Kota Batam.

Sebab banyaknya kebutuhan air bersih tidak hanya diinginkan oleh masyarakat, akan tetapi hal tersebut juga sangat diinginkan sejumlah usaha industri, salah satunya Pabrik Plastik.

Head of Corporate Secretary ATB, Maria Y. Jacobus mengatakan meski terbilang cukup besar permintaan yang diajukan oleh sejumlah perusahaan plastik akan air bersih, namun ATB tidak bisa memberikan pelayanan yang maksimal untuk jenis perusahaan tersebut. Terlebih lagi saat ini, Batam mengalami keterbatasan air baku.

“Kami tidak dapat menyediakan air bersih untuk pabrik plastik di Batam. Kami harus memilih mana yang menjadi prioritas, mengingat ketersediaan air baku di Batam saat ini sangat terbatas,” ujar Maria.

Maria menegaskan, saat ini ATB sangat selektif dalam memberikan sambungan air bersih terkhusus untuk Industri-industri tersebut. Banyaknya pasokan air yang akan dibutuhkan pabrik tersebut menjadi alasan utama ATB tidak bisa mensuplai air bersih.

“Karena dalam satu bulannya perusahaan industri plastik di Batam setidaknya membutuhkan suplai air bersih kurang lebih 3.000-5.000 meter kubik (m3). Bahkan ada yang sampai 10 ribu m3, namun jika jumlah tersebut disalurkan ke pelanggan ATB, maka bisa mengcover 200-300 pelanggan di perumahan,” jelas Maria.

Maria menambahkan atas dasar itulah ATB akan lebih mementingkan mensuplai air ke rumah warga terlebih ke Industri tersebut, namun jika nanti ada oknum yang bermain, dirinya meminta untuk di laporkan ke pihak ATB.

Ia juga mengatakan penolakan tersebut terbilang disengaja. Mengingat kebutuhan air bersih untuk masyarakat luas sangat penting dalam kondisi keterbatasan air baku seperti saat ini.

“Kita juga tahu, bahwa masa perjanjian konsesi ATB akan segera berakhir pada November 2020 mendatang, akan tetapi kami akan tetap fokus dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan.
Sehingga tidak ada alasan bagi ATB, untuk tidak memberikan yang terbaik kepada pelanggan meski masa konsesi ATB berakhir,” tutupnya.(Zel)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here