BX/PAnca, Pelabuhan Sekupang Batam

BatamXinwen, Batam- Meskipun Pemerintah Kota (Pemko) Batam sudah menerapkan aturan atau Peraturan Daerah (Perda) tentang penyelenggaraan dan retribusi parkir yang menyebutkan bahwa parkir Drop off 15 menit tidak dikenakan biaya alias gratis. Sepertinya tidak berlaku di Pelabuhan Sekupang.

Pasalnya di pelabuhan tersebut, setiap pengendara baik roda dua dan empat yang masuk kedalam kawasan pelabuhan tersebut    tetap dikenakan biaya pas masuk pelabuhan, meski hanya sebentar.

“Sejauh ini, pelabuhan Sekupang dan Punggur belum di kelola oleh Pemko maupun Dishub Pengelolaan itu masih BP Batam, jadi tentang aturan Drop off 15 menit tidak berlaku,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Batam Rustam Efendi, kepada BatamXinwen.com saat di konfirmasi, Jumat (9/11).

Terpisah, Kepala seksi Publikasi BP Batam Sajani menjelaskan bahwa di pelabuhan Domestik Punggur dan Sekupang, saat ini tidak dikenakan retribusi parkir, melainkan hanya pass masuk kendaraan dengan Mengingat pelabuhan adalah daerah terbatas.

“Itu tidak diterapkan dan bukan berlaku untuk Perda, hanya pass masuk kendaraan dikenakan sekali saat kendaraan memasuki wilayah Pelabuhan, dan dibayar dimuka, dan  Tidak berlaku tarif kelipatan tiap jamnya,” kata Sajani.

Dikatakan, untuk pass masuk kendaraan merupakan Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang diatur berdasarkan Peraturan Kepala BP Batam.

“Penerimaannya di setor langsung

ke negara melalui rekening Badan  Pengusahaan (BP) Batam,” katanya.(rega)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here