Kasat Lantas Polresta Barelang, Kompol I Putu Bayu/BX/Foto: Fathur

Batamxinwen, Batam – Aturan larangan merokok pada saat pengendara tersebut pada penerapannya nanti hanya berlaku bagi pengemudi (pengendara) tidak ke penumpang.

Hal itu sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 12 Tahun 2019 Pasal 6 huruf C. Yang berbunyi, Pengemudi dilarang merokok dan melakukan aktivitas lain yang mengganggu konsentrasi ketika sedang mengendarai kendaraan.

Kasatlantas Polresta Barelang, Kompol I Putu Bayu Pati, ketika dikonfirmasi terkait penerapan aturan tersebut. Ikut membenarkan.

“Sanksi tilang hanya untuk pengemudi saja, sedangkan penumpangnya tidak.” ujarnya kepada Batamxinwen.com, Rabu (15/05/2019) siang

Namun, ia tetap menghimbau baik pengemudi atau penumpang sepeda motor agar tidak merokok saat berkendara. Selain dapat menggangu konsentrasi hal itu dikhawatirkan dapat mengganggu pengguna jalan lainnya.

“Baiknya berhenti dulu, jika ingin merokok. Karena percikan abu dari pengendara atau penumpang dapat mengenai mata pengendara lainnya dan menyebabkan kecelakaan lalu lintas,” ujarnya. (Bintang)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here