Avatar Facebook, Vitur Baru yang Perlu Dicoba. Begini Caranya

Avatar-Facebook
Ilustrasi Avatar Faebook. (hitc.com)

Batamxinwen – Beberapa hari belakang ini sedang ramai di beranda Facebook yang mencoba vitur baru yang bernama Avatar. Vitur ini memungkinkan pengguna membuat avatar kartun sendiri. Gambar dari hasil fitur ini bisa digunakan untuk foto profil, cerita, komentar dan Messenger.

Jikalau Anda melihat teman di laman Facebook memposting gambar kartun yang menyerupai pemilik akun, mungkin itulah gambar avatar dari hasil vitur ini. Beberapa orang mengaku kartun avatar dirinya tidak mirip, tetapi beberapa hal yang identik tetap bisa diketahui orang lain.

Karena belum banyak mengetahui tahapannya, berikut Batamxinwen sajikan beberapa langkah dan cara penggunaan avatar diri sendiri ini di laman Facebook yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Masuk atau buat akun Facebook dan Buka Menu

Kalau ini tentu sudah pasti harus dilakukan, sebab bila tidak punya akun Facebook dan tidak melakukan login, tentu tidak bisa memanfaatkan vitur ini. Bedanya, untuk bisa mendapatkan Avatar ini, anda perlu masuk menggunakan ponsel, baik yang berbasis sistem Android ataupun iOS.

Apabila sudah masuk ke akun Facebook Anda, silakan ketuk pada tiga baris yang mewakili opsi menu di aplikasi Facebook atau menggesek layar ke kanan untuk mengakses opsi menu. Di sana terdapat sederan menu pengaturan Facebook Anda.

2. Pilih Menu Avatar

Apabila bila telah berhasil masuk ke menu pengaturan itu, maka selanjutnya perlu digulir ke bawah dan cari menu bertulisan “See More”. Silahkan lihat pilih menu Avatar dan Anda akan dipindahkan ke laman mengikuti instruksi yang tersedia.

Apabila Anda belum bisa masuk ke menu Avatar, mungkin Anda perlu memperbarui aplikasi Anda. Caranya bisa langsung ke PlayStore untuk Androis atau AppStore untuk iOS

3. Mulai membuat Avatar

Setelah memilih opsi Avatar, proses selanjutnya untuk membuat Avatar Facebook adalah dengan mengikuti petunjuk di layar. Aplikasi akan meminta pengguna untuk memulai dengan warna kulit avatar pengguna, lalu beralih ke pemilihan gaya rambut.

Setelah itu, pengguna akan dapat memilih warna mata, bentuk alis, bentuk wajah, rambut, dan atribut lainnya. Pengguna juga dapat memilih apakah Avatar memakai kacamata atau lisptik.

Jika sudah selesai membuat bagian kepala dan wajah Avatar, pengguna memiliki pilihan untuk memilih bentuk tubuh dan gaya pakaian. Terakhir, pengguna dapat memilih bentuk hiasan kepala seperti topi.

Apabila telah selesai mengisi, lantas tekan “Next”. Maka, Avatar pengguna akan siap digunakan.

4. Cara menggunakan Avatar Facebook

Jika Avatar Facebook pengguna sudah dibuat dan siap digunakan, langkah selanjutnya adalah menggunakannya.

Pengguna dapat menggunakan Avatar dalam komentar untuk mengekspresikan pemikiran dalam sebuah postingan. Jika ingin menggunakannya dalam komentar, cukup ketuk tombol komentar dan kemudian tombol emoji. Di sana pengguna akan disajikan dengan stiker Avatar sendiri serta opsi untuk menggunakan emoji standar.

Selain menggunakannya dalam komentar, pengguna juga dapat menggunakan Avatar Facebook dalam obrolan messenger. Pengguna juga dapat melakukan hal yang sama untuk pesan obrolan di Facebook versi web.

Saat membuka jendela obrolan, klik tombol stiker yang akan menampilkan serangkaian stiker untuk digunakan, kemudian klik ikon yang menunjukkan Avatar Facebook pengguna.
Stiker Avatar juga dapat digunakan di aplikasi Messenger. Cukup ketuk tombol emoji di bilah obrolan, lalu ketuk menu stiker dan geser ke kanan untuk mengakses stiker Avatar.

Selamat mencoba dan semoga berhasil.[]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here