Barcelona menjamu Atletico Madrid akhir pekan ini dalam pertarungan antara pesaing gelar LaLiga (AFP / Getty Images) ES Football newsletter

BatamXinwen, Barcelona – Barcelona akan menjamu Atletico Madrid di Stadion Camp Nou pada laga pekan ke-31 Liga Spanyol, Ahad dini hari nanti, 7 April 2019. Kemenangan pada laga itu bisa membuat langkah Barcelona menuju gelar juara semakin ringan.

Skuad asuhan Ernesto Valverde saat ini memuncaki klasemen Liga Spanyol dengan perolehan 70 angka atau unggul delapan angka dari Atletico Madrid yang berada di posisi kedua. Dengan delapan laga tersisa, posisi Barcelona masih bisa dianggap cukup rawan.

Apalagi akhir pekan kemarin mereka secara mengejutkan nyaris tumbang dari Villarreal. Sempat unggul dua gol, Barcelona tampak kehilangan konsentrasi sehingga kebobolan empat kali. Beruntung Lionel Messi dan Luis Suarez mampu menyamakan kedudukan sehingga mereka bisa meraih satu angka.

Laga tersebut membuat banyak pengamat menilai Barcelona memiliki masalah serius. Tak hanya tergantung pada Messi, La Blaugrana juga disebut sangat tergantung pada Gerard Pique.

Pique memang tak diturunkan pada laga tersebut. Valverde mencoba menduetkan Samuel Umtiti dan Clement Lenglet di depan gawang Marc-Andre ter Stegen.

Valverde tak boleh melakukan eksperimen yang bisa merugikan Barcelona pada laga dini hari nanti. Pasalnya Atletico Madrid justru tengah tampil apik. Dalam dua laga terakhirnya mereka selalu menang dengan tanpa kebobolan. Enam gol mereka sarangkan ke gawang Alaves (4 gol) dan Girona (2 gol)

Soal rekor kemenangan, Barcelona memang patut diunggulkan. Atletico Madrid tak mampu meraih kemenangan dalam tujuh pertemuan terakhir sementara Barcelona berhasil meraih tiga kemenangan, empat laga lainnya berakhir imbang.

Namun kemenangan Barcelona pun tak pernah mudah. Pada tiga kemenangan tersebut, Barcelona biasanya hanya unggul satu gol saja.

Yang menarik lagi adalah tiga kemenangan Barcelona tersebut selalu diwarnai oleh gol dari Lionel Messi. Si Kutu, julukan Messi, merupakan pencetak gol terbanyak ketika kedua tim bertemu dengan 28 gol dari 37 laga.

Dengan torehan 32 gol di Liga Spanyol sejauh ini, Atletico Madrid harus benar-benar mewaspadai ancaman dari Messi. Apalagi sejak Januari lalu Messi hanya dua kali gagal mencetak gol yaitu ke gawang Athletic Bilbao dan Real Madrid.

Dari kubu Atletico, ancaman paling besar akan datang dari Antoine Griezmann. Penyerang asal Prancis tersebut merupakan pencetak gol terbanyak Atletico Madrid di Liga Spanyol dengan 13 gol dari 30 laga.

Pelatih Diego Simeone juga mendapatkan kabar gembira karena dua penyerangnya, Alvaro Morata dan Diego Costa kembali berlatih pada Jumat kemarin. Morata sempat diragukan tampil karena mengalami masalah pada laga terakhir melawan Girona sementara Costa justru absen pada laga tersebut karena cedera saat Atletico Madrid mencukur Alaves 4-0 pekan sebelumnya.

Barcelona sendiri masih akan kehilangan Ousmane Dembele yang mengalami cedera. Namun posisi Dembele tampaknya sudah mulai dapat digantikan oleh Malcom. Pemain asal Brasil itu tampil apik dengan mencetak dua assist dan satu gol dalam dua laga terakhir Barcelona.

Namun Barcelona harus pintar-pintar mengatur tenaga karena pada pekan depan mereka akan menghadapi laga penting di Liga Champions. Mereka harus terbang ke markas Manchester United pada Kamis mendatang untuk melakoni laga pertama babak perempat final.

Valverde biasanya akan menyimpan sebagian pemain utamanya jika akan menghadapi laga yang lebih penting ke depannya. Bisa jadi dia akan kembali membangkucadangkan Lionel Messi dan Gerard Pique seperti pada laga kontra Villarreal akhir pekan lalu.

Jika hal itu terjadi, maka Atletico memiliki yang sama besar untuk memenangkan laga dini hari nanti. Laga Barcelona vs Atletico Madrid akan tersaji pada Ahad dini hari 7 April 2019 pukul 01.45 WIB dan disiarkan secara langsung oleh SCTV dan beIN Sports 2.(*)

Sumber : tempo.co

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here