Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan saat mengisi kuliah umum di Kampus Uniba, Rabu (28/11) malam, foto : Rega/BX

BatamXinwen, Batam – Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan memberikan kuliah umum di Unversitas Batam (UNIBA), dengan tema ”Cegah Korupsi dan Tuntut Transparasi Demi Terwujudnya Kesejahteraan Sosial”, Rabu (28/11) malam.

”Kasus korupsi di Indonesia masih cukup tinggi dan mengakibatkan kerugian negara yang cukup signifikan,” ujar Basaria.

Basaria mengatakan, korupsi merupakan momok yang sangat besar untuk merugikan negara. Untuk itu, dirinya mengajak semua unsur masyarakat khususnya dari perguruan tinggi untuk turut serta berperan memberantas korupsi.

”Awasi aparat pemerintahan yang tidak benar, awasi semua pejabat di Kepri. Mahasiswa bisa menjadi pengawas yang efektif terhadap kecurangan-kecurangan yang dilakukan oleh aparat pemerintah,” kata Basaria.

Diterangkannya, untuk mencegah terjadinya korupsi, ada tiga hal yang menjadi fokus yaitu pertama lihat, dan lawan serta laporkan.

“Kita harus mampu melaporkan agar membawa Indonesia lebih sejahtera dan bebas korupsi,” ucapnya.

Sementara itu, Kapolda Kepri, Irjen Pol Andap Budhi Revianto, yang juga menjadi pembicara dalam kuliah umum tersebut, mendukung penuh dalam pencegahan korupsi. Hal itu, kata Andap, dibuktikan jajarannya yang telah tiga kali melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) di Kepri.

“Seperti halnya baru tiga bulan sebagai Kapolda sudah tiga kali melakukan penangkapan kasus operasi tangkap tangan OTT,” ujar Andap.

Dikatakan Andap, selain penanganan korupsi. Pihaknya saat ini juga mempunyai program yang bertajuk bersembang bercerita Kamtibmas. Yang mana program tersebut bertujuan untuk menciptakan Kamtibmas yang lebih kondusif.

”’Karena peran serta masyarakata juga penting dalam menciptakan siatuasi kamtibmas di Kepulauan Riau ini,” pungkasnya. (rega)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here