Batam Ditunjuk Kota Pertama Kesiapan Jaringan Telekomunikasi

KomisionerBadan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI), Dr.Muhammad Imam Nashiruddin mengatakan, trafik telekomunikasi menjelang lebaran cukup tinggi. Oleh sebab itu, perlu mengevaluasi kesiapan Jaringan telekomnikasi untuk melayani arus mudik dan idul Fitri 1438 H/2017.

BATAMXINWEN.COM, Batam – KomisionerBadan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI), Dr.Muhammad Imam Nashiruddin mengatakan, trafik telekomunikasi menjelang lebaran cukup tinggi. Oleh sebab itu, perlu mengevaluasi kesiapan Jaringan telekomnikasi untuk melayani arus mudik dan idul Fitri 1438 H/2017.

Ada sembilan kota di Indonesia menjadi tempat pengujian kesiapan jaringan telekomunikasi menghadapi Idul Fitri 1348 H yaitu ; Batam, Jakarta, Balikpapan, Semarang, Lampung, Surabaya, Bandung, Medan, Makassar dan Padang.

Batam ditunjuk sebagai kota pertama dalam evaluasi jaringan telekomunikasi ini karena sebagai kota terbesar di Provinsi Kepulauan
Riau, dan merupakan salah satu titik keberangkatan arus mudik bersama dengan Jakarta dan Balikpapan.

” Untuk itu diperlukan pengujian jaringan telekomunikasi,” kata Imam Nasruddin dihadapan enam operator seluler dan sejumlah wartawan, Jum’at ( 02/06/2017) di Batam.

Imam menambahkan, saat ini SIM CARD yang berada di tangan masyarakat sebanyak 360 juta dari 150 juta telepon genggam, mengingat di dalam satu handphone tak tertutup kemungkinan berisi dua SIM CARD, dan ada individu memiliki lebih dari satu unit telpon genggam.

Sejauh ini tingkat call succes dari Telkom mencapai 98 persen. ” Ini cukup baik,” lanjut Imam

Uji kesiapan jaraingan ini di titik titik keberangkatan arus mudik yang dari Batam misalnya di Bandara Hang Nadim untuk moda pesawat terbang, dari pelabuhan Sekupang, Pelabuhan Batam Center, Pelabuhan Sekupang, Harbour Bay,dan Water Front untuk moda Angkutan laut.

Yang diuji meliputi kualitas sinyal, layanan telepon, layanan pesa singkat (SMS) dan mobile internet.(red/di).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here