BatamXinwen, Batam – Hasil rapat antara KPU Kota Batam bersama Bawaslu, PPK dan PPS perihal Temuan Data Ganda mencapai angka 10.798, data tersebut merupakan gabungan data pemilih dari sejumlah kecamatan yang ada di Batam.

Anggota Bawaslu Kota Batam, Nopialdi menjelaskan, pihak Bawaslu Batam telah menyampaikan ke Bawaslu pusat dan mengusulkan agar KPU dan Bawaslu Batam, beserta PPK, PPS dan peserta pemilu untuk melakukan pencermatan bersama terkait data ganda yang diterdapat di Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang sudah ditetapkan KPU Kota Batam.

“Terdapat sebanyak 10 ribu lebih data ganda yang ditemukan dan kita bahas pada pertemuan dengan pihak KPU Batam, PPK, PPS dan peserta pemilu di ruang rapat Kantor KPU Batam dari jam 9 pagi hingga siang ini,” ucapnya, Selasa (11/9).

Data ganda tersebut, menurut Nopialdi terbagi pada beberapa kecamatan, diantaranya yang terbanyak adalah dari Kecamatan Sagulung yakni 2.860 pemilih, kemudian Kec. Batu Aji 1.459 pemilih, Kec. Sekupang 1.359, Lubuk Baja 1.231, Batam Kota 927, Galang 822, Nongsa 794, Batu Ampar 487, Belakang Padang 362, Sei. Beduk 256, dan Bulang 241 pemilih.

“Sesuai dengan instruksi Bawaslu RI, saat ini kita tengah melakukan pencermatan data ganda dengan KPU, PPK,PPS serta peserta pemilu,” ungkap Nopialdi.

Nopialdi juga kembali menjelaskan lebih lanjut, kegandaan data yang ditemukan banyak berasal dari Nomor Induk KTP pemilih. Namun ada juga perihal kegandaan Nama.

“Perihal itulah kita gelar pertemuan saat ini dengan pihak KPU, PPK dan PPS untuk melakukan pencermatan terhadap data ganda yang kita temukan ini,” tutupnya.(pca)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here