BX/PAnca, Pelabuhan Sekupang Batam

Batamxinwen, Batam – Akibat rusaknya Alat pemeriksa barang penumpang (X-Ray) di pelabuhan Domestik Sekupang Batam,seorang kurir narkoba lolos dari pemeriksaan petugas pelabuhan dan membawa narkotika jenis sabu seberat lebih dari 1,4 kilogram ke Kota Dumai.

Hal ini diketahui, setelah petugas Bea Cukai Dumai, berhasil mengamankan seorang penumpang kapal ferry Dumai Line 8, asal keberangkatan Batam, di Terminal Penumpang Bandar Sri Kunjungan, Kota Dumai, Minggu (12/05/2019) lalu.

Kecolongan pemeriksaan di pelabuhan Batam ini pun, diakui oleh Kepala Bea Cukai Batam, Susila Brata, akibat tidak berfungsinya mesin X-ray di Pelabuhan Domestik Sekupang.

Ia lolosnya penumpang tersebut karena adanya kekurangan disebabkan X Ray yang tidak berfungsi, Hal ini boleh dibilang menjadi faktor lolosnya penumpang itu.”ujarnya saat dikonfirmasi, Kamis (16/05/2019)

Ditambahkan olehnya, akibat tidak berfungsi alat tersebut, pemeriksaan di Pelabuhan Domestik Sekupang, menjadi kurang maksimal. Hal itu dikarenakan petugas keamanan pelabuhan harus melakukan pemeriksaan secara manual (Profiling).

“Kami melakukan pemeriksaan ketat secara fisik. Namun, tetap saja hal itu kurang maksimal. Kami tidak bisa memeriksa seluruh penumpang, arus penumpang bisa terhambat jika itu dilakukan, jadi harus dilakukan secara acak (random).” jelasnya

Lebih jauh dirinya berharap setelah adanya kejadian ini, Brata menghimbau agar pihak pengelola segera melengkapi pelabuhannya dengan alat pemeriksaan barang penumpang (Xray) dengan segera.

“Kami sudah menyurati pihak pengelola pelabuhan, sebagai pihak yang bertanggung jawab untuk menyediakan alat tersebut, jika belum juga dilengkapi, kami akan segera memberikan peringatan kepada para pengelola pelabuhan” ujarnya. (Bintang)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here