BatamXinwen, Batam – Selama beberapa hari, Tim Sosialisasi Direktorat IKC Kantor Pusat Direktorat Jenderal Bea Cukai (DJBC) menyelenggarakan sosialisasi Pertukaran Data Elektonik (PDE) Internet untuk Aplikasi CEISA Manifest (Customs -Excise Information System and Automation Manifest) sejak Senin (6/8) hingga Rabu (8/8).

Dalam keterangan tertulisnya, sosialisasi yang mengambil tempat di aula Kantor Pelayanan Utama Bea Cukai Tipe B Batam ini, dihadiri para operator dan agen pengangkut laut maupun udara di lingkungan KPU Bea Cukai Tipe B Batam.

Penerapan PDE Internet Aplikasi CEISA Manifest ini sendiri, bertujuan untuk menciptakan proses pelaporan manifest yang lebih efisien karena secara online berbasis teknologi internet.

KPU Bea Cukai Batam dalam memberikan layanan kepabeanan dan cukai kepada pengguna jasa dengan memberikan inovasi kemudahan akses untuk menambah kualitas pelayanan.

Kegiatan sosialisasi diberikan kepada pengguna jasa dalam 3 tahap agar para peserta dapat berlatih dengan bimbingan tim sosualisasi serta juga diberikan kepada para pegawai Bea Cukai Batam.

Dengan adanya pengembangan Penerapan PDE Internet untuk CEISA Manifest ini, proses pengiriman data manifest dari pengguna jasa dapat dikirimkan langsung ke Bea Cukai tanpa harus datang ke kantor Bea dan Cukai.

Bea Cukai juga terus berusaha untuk meningkatkan kestabilan jaringan  agar proses pengiriman data lancar dan berharap dapat memberikan kemudahan serta efisiensi bagi para pengguna jasa.

Setelah dilakukan sosialisasi akan ditunjuk beberapa agen sarana pengankut sebagai piloting penerapan PDE internet Ceisa Manifest.

Mandatory Penerapan PDE Internet untuk Aplikasi CEISA Manifest di KPU Bea Cukai Tipe B Batam sendiri direncanakan akan pada Senin(27/8).

Melalui sosialisasi ini, Bea Cukai Batam ingin mengenalkan berbagai perkembangan dan inovasi kepada pengguna jasa, juga berusaha memberikan asistensi untuk tercapainya penyelesaian prosedur kepabeanan yang lebih lancar dan efisien.

Dalam acara sosialisasi tersebut, Tim Sosialisasi juga memberikan pendampingan kepada para pengguna jasa mengenai cara Penerapan PDE Internet untuk CEISA Manifest dan mengidentifikasi kendala-kendala yang dialami para pengguna jasa.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here