Begini Cara Mengatasi Grup WhatsApp yang Bikin Memori HP Penuh

Batamxinwen – WhatsApp merupakan aplikasi chating dengan pengguna yang besar. Komunikasi menjadi lebih nyaman dan lebih aktif dalam sajak hadirnya palikasi ini. Grup-grup pun juga bertambah. Seiring dengan itu, memori ponsel juga terkuras karena sistem aplikasi WhatsApp tidak memungkikan menyimpan file dalam memori eksternal.

Persoalan memori internal yang terus bertambah oleh file-file dari WhatsApp ini memang menjadi keluhan orang, khususnya ponsel dengan memori internal yang kecil. Sedangkan anggota grup cukup aktif mengirimkan foto, video, stiker, dokumen, atau GIF yang terunduh otomatis.

Baca juga: Gatot: Tuduhan Dalang Kasus Makar Sangat Menyakitkan Purnawirawan TNI

Padahal, jenis pesan multimedia tersebut lebih besar dibanding pesan teks biasa. Tidak cuma grup WhatsApp, ruang obrolan pribadi (personal chat) juga berpotensi mengonsumsi banyak memori, tergantung pada frekuensi chatting dan jenis file yang dimuat. Artinya semakin banyak grup WhatsApp, maka memori perangkat akan berpotensi semakin cepat penuh.

Lantas bagaimana cara mengetahui, grup WhatsApp atau personal chat mana yang membuat memori perangkat semakin menipis? Berikut ulasan dari KompasTekno yang telah merangkum caranya dari Gadgets Now yang dilansir pada Jumat (7/6/2019).

Cara ini bisa dilakukan oleh pengguna Android maupun iOS dengan langkah yang sama. Pertama, pergi ke menu “Settings”. Kemudian, pilih “Data and Storage Usage”, lanjutkan dengan memilih “Storage Usage”.

Cara mengecek chat grup WhatsApp dan personal mana yang makan banyak memori. (Kompas.com)

Nantinya akan muncul daftar chat, baik grup maupun personal lengkap dengan informasi seberapa besar memori yang digunakan. Daftar tersebut diurutkan dari chat dengan ukuran file paling besar hingga paling kecil. Pengguna bisa mengecek di masing-masing chat, jenis file apa yang paling besar, apakah teks, multimedia, atau lainnya.

Pemilik ponsel juga bisa mengurangi beban memori ponselnya dengan menghapus jenis-jenis file tertentu atau menghapus seluruh riwayat chat.

Sejatinya, WhatsApp juga telah menyediakan pengaturan untuk mencegah file multimedia terunduh otomatis, sehingga pengguna bisa memilah pesan mana yang penting untuk diunduh dan mana yang tidak.

Cara menghapus chat yang banyak memakan memori perangkat. (Kompas.com)

Caranya, pilih “settings” lalu pilih “storage and storage usage”. Lalu pada “media auto-download”, pilih “when using mobile data” dan tanggalkan centang di semua kotak jenis file multimedia.[]

Sumber: KompasTekno

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here