honda supra x 125 (Foto: net)

Batamxinwen, Jakarta – Produsen sepeda motor terus berinovasi membuat kendaraan yang aman bagi pemiliknya. Salah satunya adalah setang yang bisa dikunci ke arah kiri maupun kanan. Cara ini dianggap bisa mengamankan Kuda Besi saat sedang diparkir, atau ketika tidak dikendarai.

Technical Service Divison PT Astra Honda Motor (AHM), Endro Sutarno mengatakan, produsen kendaraan bemotor roda dua itu, sudah lama merancang setang sepeda motor bisa dikunci ke sisi kiri maupun kanan. Kunci setang sampai saat ini jadi perangkat keamanan standar yang ada di motor.

“Kalau setang bisa dikunci ke sisi kanan maupun kiri itu, sudah dari dulu,” ujarnya disela acara Astra Honda Skill Contest (AHSC) ke-10, di Sunter, Jakarta Utara, Rabu 16 Oktober 2019.

Setang yang bisa dikunci ke arah kanan tersebut, menimbulkan persepsi di masyarakat akan lebih sulit dibobol oleh pencuri. Benarkah demikian? Endro mengatakan, secara teknis dan cara kerjanya, mengunci setang ke kiri atau kanan tidak berbeda.

“untuk motor matik atau cab (bebek) itu posisi kuncinya kan di bawah setang, sehingga saat dikunci posisi ke kanan, menutup keluasaan orang untuk mencongkel bagian kuncinya. Lebih kepada ruang geraknya aja,” tuturnya.

Dengan posisi ke kanan, setang akan membuat garis kunci terhalang, dan ruang gerak tangan menjadi lebih sempit. Sehingga, akan lebih sulit dan biasanya dibutuhkan waktu lebih lama, ketika seseorang hendak membuka paksa kunci sepeda motor itu.

“Saat posisi ke kiri kan areanya menjadi lebih longggar, jadi lebih mudah (dibuka paksa),” ucapnya.(*)

Sumber: viva

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here