Personel Polisi dan TNI gotong royong, Foto : Tya/BX

BatamXinwen, Lingga – Sejak pagi, belasan anggota tentara bersenjatakan cangkul dan sekop sudah berkumpul di Dusun II RT 002/002, Desa Batu Kacang, Kecamatan Singkep, Kabupaten Lingga, Jumat (12/10).

Belasan tentara ini menunggu kedatangan belasan anggota Polsek Dabo yang juga menenteng sekop dan cangkul di jalan Kebon Sirih. Begitu bertemu, tentara dan polisi ini tak banyak bicara. Cangkul langsung diayunkan. Sekop langsung menciduk pasir. Semen diaduk. Jalan berlubang ditambal. Semak belukar di tepi jalan dibersihkan.

”Kita fokuskan untuk pembersihan jalan dan menutup atau memperbaiki jalan yang rusak serta berlobang agar tidak
mengganggu aktifitas masyarakat yang melintas, ” kata Kapolsek Dabo Singkep Iptu Muhammad Chanifa Yang akrab disapa Hanif pada Batamxinwen.

Pagi itu, anggota TNI dan Polri serta Satuan Polisi Pamong Praja di Dabo bergotong-royong membantu percepatan pembangunan jalan Desa Batu Kacang, terutama di jalan kebun sirih. Selama ini, jalan tersebut mengalami kerusakan cukup parah, sehingga menghambat mobilitas masyarakat.

Menurut Kapolres Lingga AKBP Joko Adi Nugroho melalui Hanif, gotong-royong memperbaiki jalan desa itu merupakan bentuk dari sinergitas antara antara TNI, Polri, POL PP, dan Masyarakat Desa Batu kacang.

“Gotong-royong ini sebagai bukti TNI, Polri dan, pemerintah peduli dan menyayangi masyarakatnya. Selain itu, kegiatan gotong royong ini merupakan kegiatan yang sudah sejak dulu dilakukan masyarakat Indonesia. Budaya seperti ini harus selalu di lestarikan,” kata perwira yang pernah bertugas di Sudan ini.

Dan, akhirnya, kalau tentara dan polisi bersenjatakan cangkul dan sekop bertemu, jalan berlubang jadi rata ditambal adukan semen. Parit jadi bersih, semak belukar di sepanjang jalan dibabat habis. Warga pun nyaman berkendara. Bravo! (tya)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here