Batamxinwen, Batam – Unit Reserse Kriminal Poksek Batam Kota mengamankan satu pelaku pencurian pipa instalasi air bersih milik PT ATB di Baloi Kolam, Batam Kota, berinisial RG. Tabung gas dan alat las untuk memotong pipa ikut diamankan sebagai barang bukti.

Dalam ekspose ungkap kasus, Selasa (17/9), Kapolsek Batam Kota, AKP Ricky Firmansyah didampingi Iptu Putra mengungkapkan, pencurian pipa instalasi air bersih ini terungkap, berawal dari kecurigaan anggotanya yang mencium bau gas saat melintas di lokasi pencurian.

“Curiga, anggota kemudian mencari Sumner bay dan menemukan pelaku sedang memotong pipa menggunakan alat las,” kata AKP Ricky pada wartawan di Mapolsek Batam Kota.

Saat polisi menyergap, seorang rekan RG berinisila SL berhasil kabur. Polisi pun mengamanakan pipa steel berdiameter 300mm sepanjang 3 meter dan pipa galvanis berdiameter 200 mm sepanjang 3,7 meter yang telah dipotong senilai Rp 36 juta, satu bilah pisau, kunci inggris, alat las, dan tabung gas sebagai barang bukti hasil curian dan alat yang digunakan.

Terkait satu pelaku lagi, kata AKP Ricky, pihaknya telah memasukan pelaku dalam Daftar Pencarian Orang (DPO).

Sedangkan RG yang mengaku nekat mencuri pipa instalasi air bersih karena terdesak kebutuhan ekonomi itu, dijerat pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan.

“Ancaman hukumannya tujuh tahun penjara,” ujar AKP Ricky. (zel)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here