Berburu Lemang di Batam Wonderfood Ramadan

Makanan tradisional Lemang. Anda bisa mendapatkannya di Stand Wonderfood Ramadan

Batamxinwen, Batam – Lemang menjadi salah satu kuliner pilihan  untuk berbuka puasa. Panganan tradisional ini bisa masyarakat temukan di stand Batam Wonderfood Ramadan.

Sultan penjual lemang mengatakan lemang berbahan dasar beras ketan dan santan dimasukkan dalam tabung bambu yang dilapisi daun pisang dan dibakar menggunakan kayu bakar. Rasa dari lemang sendiri mempunyai citarasa asin dan gurih.

“Lemang yang kami tawarkan rasa original,” katanya, Kamis (22/4/2021).

Setelah matang, bambunya dibelah lalu lemang dipotong. Menikmati lemang ini sangat cocok dimakan bersama kuah tapai ketan hitam atau sambal. Ia mengaku setiap hari lemang yang dijualnya selalu habis. Untuk satu batang lemang harganya Rp35 ribu.

“Alhamdulillah setiap hari selalu habis, kami juga melayani bagi masyarakat yang mau membeli setengah batang saja,” terangnya.

Selain lemang, di jajanan Sultan juga menawarkan otak-otak kuliner yang terbuat dari daging ikan cincang yang dibungkus dengan daun pisang, dipanggang, dan disajikan dengan kuah asam pedas. Jajanan ini ramai dijajakan di Kota Batam dan Kepri.

“Kami menawarkan dua rasa sotong dan ikan. Kami juga menawarkan kolak, serabi rasa keju, cokelat, dan original,” sebutnya.

Kepala Disbudpar Kota Batam, Ardiwinata mengatakan tujuan dari Batam Wonderfood Ramadan ini untuk memeriahkan sekaligus mempromosikan kuliner khas Melayu, namun pelaksanaanya dengan protokol kesehatan.

“Kita mengundang sebanyak 56 stand kuliner ikut berpartisipasi, terdiri dari 32 stand kuliner Usaha Mikro Kecil Menangah (UMKM) Kota Batam, 12 stand UMKM binaan Disbudpar Kota Batam, dan 12 stand yang mewakili 12 kecamatan yang ada di Kota Batam serta kafe,” sebutnya.

Menurutnya masyarakat sangat antusias berburu takjil di Batam Wonderfood Ramadhan karena kuliner yang ditawarkan beragam mulai dari kuliner tradisional dan kekinian. “Batam Wonderfood Ramadhan menjadi agenda tahunan sehingga dapat memudahkan masyarakat mencari takjil dan makanan sahur,” katanya. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here