Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Batamxinwen, Jakarta – berbagai cara dilakukan penumpang pesawat untuk tetap nyaman di dalam penerbangan. Salah satu cara yang paling sering dilakukan penumpang untuk mengurangi kebosanana dalah tidur sepanjang perjalanan.

Cara ini dinilai paling efektif karena penumpang bisa sambil memulihkan staminanya selama tidur dalam perjalanan.

Namun studi baru-baru ini mengatakan bahwa 61 persen penumpang rata-rata mengalami kualitas tidur yang sangat buruk selama melakukan penerbangan. Banyak penumpang yang tidur di atas kursi penumpang juga tidak bisa mendapatkan kualitas tidur rata-rata karena berbagai penyebab.

Meski demikian ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendapat kualitas tidur yang lebih baik saat melakukan penerbangan. Melansir dari Asia One, Rabu (4/12/2019), berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar dapat tidur dengan lelap saat melakukan penerbangan jangka panjang. Yuk disimak.

  1. Pastikan cukup minum air putih

Seorang pilot maskapai internasional sekaligus penulis, Brett Manders mengatakan air adalah sahabat para penumpang pesawat. Jauhkan konsumsi alkohol sebelum penerbangan karena hal tersebut bisa mengacaukan siklus tidur seseorang. Pastikan seseorang terhidrasi selama penerbangan namun jangan terlalu berlebihan. Pasalnya Anda akan bolak balik ke kamar mandi dan mengganggu

  1. Gunakan pakaian yang nyaman

Jika Anda berencana untuk tidur selama penerbangan, pastikan kenakan pakaian yang nyaman saat dikenakan. Jauhi penggunaaan celana jeans karena akan menekan bagian perut Anda. Sebagai gantinya, kenakanlah pakaian longgar dan nyaman untuk mendapatkan kualitas tidur yang maksimal.

  1. Membawa bantal tambahan

Jika ingin mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik, usahakan membawa dua buah bantal. Satu bantal digunakan untuk menyangga leher, sementara bantal lainnya difungsikan untuk menyangga punggung bagian bawah. Masker mata juga dapat membantu cahaya yang masuk ke dalam mata sehingga tidur Anda menjadi lebih tenang.

  1. Mencoba bermeditasi

Anda bisa merelaksasikan pikiran Anda dengan menyetel lagu yang santai. Anda juga bisa melakukan meditasi di atas bangku penumpang Anda. Disarankan untuk menyetel suara-suara alam untuk mendapatkan sensasi yang lebih damai.

  1. Menggunakan obat tidur

Jika keempat cara di atas gagal untuk diterapkan, maka cara terakhir yang bisa dilakukan adalah mengonsumsi pil tidur. Seorang Petugas Penerbangan, Andrew Steinberg merekomendasikan penumpang untuk mengonsumsi pil anti-kecemasan. Pil tersebut bekerja untuk membuat Anda beristirahat dengan cepat tanpa efek samping dan rasa kantuk yang tersisa.(*)

Sumber: Okezone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here