Foto : istimewa

BatamXinwen, Bintan – Menteri Pariwisata Arief Yahya menyempatkan diri mengunjungi Bintan. Kunjungannya kali ini dalam rangka menghadiri Appreciation Night, Top Indian Wholesselrer’s Familiarization in Collaboration with Scoot yang digelar di Bintan Lagoon Resort (BLR), Selasa (13/11) malam.

Arief mengatakan, dirinya sangat mengapresiasi program tersebut. Dia menganggap program itu menjadi salah satu langkah strategis dalam upaya mendukung pencapaian target kunjungan wisatawan mancanegara (wisman), terutama di wilayah cross border di Kepri.

Kepri dekat dengan Singapura dan Malaysia, bahkan ada 15,5 juta wisatawan yang datang ke Singapura setiap tahunnya. Singapura bisa menjadi akses penghubung turis mancanegara untuk masuk ke Indonesia melalui Kepri,” ujarnya.

Menurut dia, secara budaya, India juga cukup dekat dengan Indonesia. Secara jarak, juga tidak terlalu jauh. Jika ditempuh dengan udara, India-Indonesia hanya 7-8 jam saja.

Sementara itu, Bupati Bintan Apri Sujadi dalam sambutannya memaparkan beberapa capaian kunjungan wisatawan yang datang ke Bintan. Sektor wisata merupakan salah satu sektor andalan yang dimiliki Bintan sebagai sumber PAD. Dia mengatakan, hingga September 2018, jumlah wisman ke Bintan naik berkisar 36 persen.

Kenaikan, persentase kunjungan wisman ke Bintan lebih dikarenakan rutinitas trip kapal pesiar Genting Dreams yang melintasi perairan OPL di Bintan.

“Kita sangat berterimakasih, karena kunjungan Pak Menteri Pariwisata ke Bintan menunjukkan bahwa Kementerian Pariwisata sangat mendukung pengembangan sektor pariwisata di Bintan. Saat ini beberapa sektor infrastruktur pariwisata juga terus dibangun,” kata Apri.

Tahun 2019 mendatang pihaknya juga berharap pembangunan Bandara Busung bisa selesai. Sehingga transportasi udara dari negara Singapura serta India ke Bintan lebih mudah.

“Tentunya hal ini akan menambah jumlah wisman ke Bintan secara signifikan,” ujarnya. (yli)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here