BatamXinwen, Batam – Demi menegakkan Peraturan Wali Kota (Perwako) No 9 Tahun 2016 Tentang Usaha Warung Internet (Warnet), perangkat daerah kecamatan Nongsa setiap akhir pekan rutin mengggelar razia warnet di kelurahan Batubesar dan Kelurahan Kabil.

Camat Nongsa Heryanto Joesoef mengatakan, pihaknya telah mendata beberapa titik warnet yang menjadi sasaran target operasi di tiap kelurahan tersebut.

Pihaknya akan menyasar warnet-warnet yang beroperasi di luar jam yang telah ditentukan oleh Perwako.

“Diatas jam 22.00 WIB akan kami tegur,” kata Heryanto di kantor Kecamatan Nongsa.

Teguran akan dilakukan secara persuasif terlebih dahulu kepada pemilik warnet yang melanggar jam operasi.

Jika masih membandel, pihaknya tidak akan segan mencabut izin operasional warnet nakal tersebut.

Adapun jadwal operasi warnet yaitu, untuk Senin dan Sabtu batas jam operasi adalah mulai pukul 07.00 hingga pukul 22.00 wib, sedang untuk hari ahad diberi batas kelonggaran hingga pukul 23.00 wib.

“Kalau cara persuasif masih membandel, warnet itu akan kami segel,” tutur mantan Kabid KTP Disdukcapil itu.

Perwako tentang Usaha Warnet ini merupakan upaya Pemko Batam untuk meminimalisir penyalahgunaan warnet di kalangan pengguna dewasa hingga remaja, terlebih lagi difokuskan pada pengguna yang masih berusia belia.

Dalam aturan perwako tersebut diantaranya, warnet harus didukung kamera pengawas, tata letak bilik pengunna warnet harus saling kelihatan, serta ukuran tinggi sekat tidak dibuat menutupi pengakses internet.

Warnet juga diharuskan untuk menyediakan lahan parkir, menjaga kebersihan, dan fasilitas penerangan.

“Saat ini kan perizinan dan pengawasan warnet telah dilimpahkan ke Kecamatan. Ini biar lebih mudah untuk diawasi,” katanya.

Sebelumnya, Kepala Seksi Trantib Satpol PP Batam, Imam Tohari mengaku masih banyak menerima laporan dari masyarakat terkait keberadaan warnet yang buka 24 jam dan kerap menimbulkan keributan serta mengundang tindak kriminal.

“Warnet yang membandel akan diberi peringatan hingga sanksi tegas,” ujarnya.(ham)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here