Direktur BUBU Bandara Hang Nadim, Batam, foto : istimewa

Batamxinwen, Batam – Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian, Darmin Nasution beserta Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi direncanakan akan melakukan kunjungan kerja ke Batam, Kepulauan Riau, Rabu (14/8) Besok.

Kedatangannya ini dikatakan dalam rangka peletakan batu pertama pembangunan Maintenance, Repair, dan Overhaul (MRO) milik Maskapai Lion Air di Bandara Internasional Hang Nadim.

“Tapi ini masih informasi awal yang kami terima, kita lihat besok pada saat pelaksanaan kegiatan,” ujar Direktur Badan Usaha Bandar Udara Hang Nadim Batam, Suwarso di Badan Pengusahaan (BP) Batam, Selasa (13/8).

Suwarso menjelaskan, Maskapai Lion Air diakui memiliki perjanjian sewa lahan dengan BP Batam hingga 2063 mendatang. Dimana sejak dimanfaatkan sejak 2012 lalu, Liun Air diketahui telah mengembangkan total 8 ha lahan untuk operasional MRO yang khusus menangani pesawat berjenis Boeing.

Dalam tahapannya pengembangan MRO ini, rencananya akan memakan luas lahan hingga 24 ha dari 1.762 ha luas bandara dan dilakukan secara bertahap.

Namun ada yang berbeda dalam pengembangan lahan MRO milik Lion Air, dimana sebelumnya Kepala BP Batam, Edy Putra Irawady juga menyampaikan bahwa pengembangan lahan akan dilakukan bersama dengan Garuda Indonesia.

“Sudah ada MoU antara kedua maskapai, tapi seperti apa itu mungkin bisa langsung ditanyakan kepada mereka. Yang kami tahu mungkin nanti di lahan baru itu, untuk Lion tetap menangani tipe Boeing, sementara Garuda mungkin menangani tipe Airbus. Yang pasti satu tempat bisa dua fungsi,” lanjutnya. (Bintang)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here