Batamxinwen, Jakarta – Bintang iklan rokok Marlboro yang pertama Robert Norris meninggal dunia di usia 90 tahun pada 3 November 2019. Pria yang populer sebagai “Marlboro Man” ini dikenal tidak pernah merokok.

Selama sekitar 14 tahun Noris menjadi bintang iklan Marlboro. Sosok seorang cowboy yang berjalan mengangkut tali kekang kudanya dengan sebatang rokok terselip di bibirnya itu sangat terkenal. Iklan rokok tersebut dibuat untuk pasar Amerika Serikat dan Eropa.

Kehidupan nyata Noris sebenarnya mirip dengan karakter yang ia perankan dalam iklan. Ia adalah pemilik peternakan ratusan hektar di Colorado Spring, yang disebut T-Cross Ranch.

Noris adalah sahabat aktor John Wayne yang menghadiri acara penjualan kuda di peternakannya. Foto keduanya kemudian muncul di koran dan petinggi Marlboro mengontaknya untuk menjadi bintang iklan.

Walau membintangi iklan rokok, Noris bukanlah perokok. Ia bahkan selalu menasehati anak-anaknya untuk menjauhi rokok.
Suatu hari, anaknya yang bernama Bobby berkata, “Kalau ayah tidak mau kami merokok, lalu mengapa masih jadi bintang iklan rokok,” katanya.
Sejak saat itu Noris pun memutuskan kontrak dengan Marlboro.

Kesadaran Noris untuk tidak merokok membuatnya berbeda dengan “Marlboro Man” lainnya.
Setidaknya lima pria yang membintangi iklan Marlboro meninggal karena penyakit yang berkaitan dengan rokok. Salah satunya David McLean yang meninggal karena kanker paru di tahun 1995.

Istri mendiang McLean kemudian menuntut Philips Morris, perusahaan yang menaungi Marlboro. Sayangnya tuntutan tersebut tidak dikabulkan hakim, namun sejak saat itu rokok ini mendapat julukan sebagai “pembunuh cowboy”.(*)

Sumber: kompascom

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here