BX/ilustrasi Hujan

BatamXinwen, Batam – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Hang Nadim Batam memprediksi kondisi cuaca di Batam pada awal pekan akan berawan dan diprakirakan terjadi hujan ringan di sejumlah wilayah di kota Batam, Senin (30/7).

Kondisi tersebut diprakirakan akan terus berlangsung hingga menjelang siang hari. Sementara menjelang malam hari diprediksi kondisi cuaca kembali berawan hingga dinihari nanti.

Suhu udara diperkirakan mencapai 25 hingga 32 derajat celcius dengan kelembaban udara antara 60 hingga 93 persen. Sementara kecepatan angin yang bertiup ke arah tenggara berkisar antara 5 hingga 36 kilometer per-jam (km/h).

Berdasarkan catatan BMKG menyebutkan, adanya belokan angin di sekitar wilayah Kepulauan Riau menyebabkan terjadinya perlambatan massa udara yang memupuk massa udara sehingga mendukung proses pertumbuhan awan-awan konvektif.

Secara umum kondisi cuaca hari ini diprakirakan berawan serta berpotensi terjadi hujan lokal dengan intensitas ringan hingga sedang yang dapat disertai dengan petir dan angin kencang. Kondisi ini masih kondusif untuk transportasi darat, laut dan udara.

“Bagi aktivitas nelayan dan transportasi laut dihimbau tetap berhati-hati terhadap arus laut yang cukup kuat di seluruh wilayah perairan Kepri,” kata Kepala Stasiun Meteorologi Kelas I Hang Nadim Batam, Parmin.

Berdasarkan peringatan dini cuaca wilayah Kepulauan Riau sekitar pukul 08.00 WIB, berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang pada pukul 08.15 WIB di wilayah Kundur Barat, Kundur Utara, Kundur, Belat, Moro, Bulang, Belakang Padang, Sekupang, Lubuk Baja dan sekitarnya. Kondisi ini diprakirakan masih akan berlangsung hingga pukul 09.30 WIB dan dapat meluas ke wilayah Batu Aji, Batu Ampar, Bengkong, Natam Kota, Nongsa, Bintan Utara, Sri Kuala Lobam dan sekitarnya.(ham)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here