ilustrasi

Batamxinwen, Batam – Di Indonesia tidak semua wilayah kebagian dapat melihat gerhana matahari cincin pada 26 Desember 2019 nanti. Sebab katanya, hanya 25 pusat kota di 7 provinsi yang beruntung dapat menyaksikan fenomena astronomi tersebut.

Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau menjadi salah satunya. Dimana gerhana matahari ini di prediksi muncul hanya sekitar 5 menit, yaitu dimulai pada pukul 12.15 WIB dengan tinggi matahari 65,6 derajat dan azimut 182,6 derajat.

“Puncaknya nanti pada jam 12.17 WIB, dan berakhir pada jam 12.19 WIB,” ujar Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Klas I Hang Nadim, Suratman, Senin (16/12).

Dijelaskan Suratman, peristiwa gerhana matahari maupun gerhana bulan bisa diprediksi dengan tingkat akurasi yang tinggi. Dan pada tahun 2019 ini saja sebenarnya pihaknya memprediksi sudah terjadi lima kali gerhana dan yang terakhir adalah pada tanggal 26 Desember nanti.

“Bentuk istimewa Gerhana Matahari Cincin itu gelap di bagian tengahnya, dan terang di bagian pinggirnya atau berbentuk lingkaran menyerupai cincin,” jelas Suratman.

Terkait ini, Suratman juga mengingatkan, bahwa langit Batam jelang akhir tahun kerap tak bersahabat terhadap pengamatan peristiwa langit. Pasalnya, BMKG sendiri kata dia memprediksi cuaca pada 26 Desember nanti di Batam mendung bahkan diperkirakan akan turun hujan.

“Jadi disarankan memakai alat khusus seperti teropong jika ingin dapat menikmatinya. Sebab, untuk menyaksikan diperlukan dukungan laingit yang cerah. Dan lagipula melihatnya langsung juga dapat merusak mata,” pungkasnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pariwista dan Kebudayaan Kota Batam, Ardiwinata mengatakan, mangamati fenomena ini lebih baik jauh dari tengah kota. Sebab menurutnya, selain perlu dukungan langit yang cerah, pengamatan juga akan lebih optimal di wilayah yang minim polusi cahaya.

“Ada dua tempat yang saya sarankan, pertama itu menarik kalau dilihat dari Jembatan 4 di Galang, lalu yang kedua itu di Dendang Melayu dekat Jembatan 1,” jelas Ardi. (Bintang)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here