BMKG Batam

BatamXinwen, Tanjungpinang– Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Hang Nadim Batam memprediksi kondisi cuaca pagi hari Tanjungpinang dan Batam hampir sama yaitu berawan dan berpotensi terjadi hujan ringan dibeberapa tempat, Rabu (12/9).

Berdasarkan pengamatan BMKG, kondisi cuaca mulai pagi hari diprediksi akan terjadi hujan lokal yang jatuh di beberapa wilayah tertentu dengan kecepatan angin yang bertiup ke arah selatan berkisar 5 hingga 35 kilometer per-jam (km/h).

Menjelang siang hari, BMKG memprediksi akan turun hujan dengan rata-rata curah hujan tidak lebih dari 0,5 milimeter per-jam (mm/h). Dalam skala intensitas curah hujan, kondisi laju hujan tersebut masih ringan.

Menjelang malam hari, BMKG memperkirakan kondisi cuaca cerah disertai kondisi berawan secara berkala akan berlangsung hingga dinihari.

Narasi prakirawan cuaca menyebutkan, hujan lokal dan ringan yang terjadi, disebabkan perlambatan pola kecepatan angin di sekitar wilayah Kepulauan Riau (Kepri). Hal itu mengakibatkan, massa udara menjadi menumpuk hingga mendukung proses pertumbuhan awan konvektif cumulonimbus.

Pertumbuhan awan konvektif itu terbentuk akibat kelembapan udara yang tinggi dan peningkatan massa udara di lapisan atas. Secara umum kondisi cuaca hari ini diprakirakan berawan serta berpotensi terjadi hujan lokal dengan intensitas ringan hingga sedang yang dapat disertai dengan petir dan angin kencang.

Berdasarkan catatan BMKG, Kondisi ini masih mendukung untuk kegiatan transportasi darat, laut dan udara. Masyarakat juga dihimbau agar selalu waspada terhadap potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, yang dapat disertai petir dan angin kencang di seluruh wilayah Kepulauan Riau.

“Bagi aktivitas nelayan dan transportasi laut dihimbau berhati-hati terhadap arus laut yang cukup kuat di seluruh wilayah perairan Kepri,” ujarnya. (ham)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here