BatamXinwen, Batam – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Hang Nadim Batam memprediksikan kondisi cuaca pada pagi hari akan disertai hujan ringan di beberapa tempat di Kota Batam, Selasa (10/7).

Kondisi ini, diperkirakan masih akan terjadi hingga siang hari. Diprakirakan hujan dengan intensitas sedang disertai angin akan melanda sebagian wilayah di kota Batam.

Menjelang malam hari, kondisi cuaca berangsur berawan hingga menjelang dinihari nanti.

BMKG menyebutkan, kondisi berawan disertai hujan ringan di sejumlah wilayah di kota Batam, disebabkan perlambatan pola kecepatan angin di sekitar wilayah Kepulauan Riau (Kepri).

Hal itu mengakibatkan, massa udara menjadi menumpuk hingga mendukung proses pertumbuhan awan konvektif (mendung).

BMKG juga menghimbau, untuk transportasi darat dan udara diimbau untuk berhati-hati, apabila terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat karena dapat menyebabkan jalanan licin serta mengurangi jarak pandang.

Sedangkan untuk transportasi laut diimbau untuk waspada apabila terdapat Awan Cummulunimbus gelap dan pekat yang dapat menyebabkan hujan lebat dan angin kencang yang menaikkan tinggi gelombang secara tiba-tiba.

“Bagi aktivitas nelayan dan transportasi laut dihimbau berhati-hati terhadap arus laut yang cukup kuat di seluruh wilayah perairan Kepri,” kata Kepala Stasiun Metereologi Kelas I Hang Nadim, Parmin.

Peringatan dini cuaca wilayah Kepulauan Riau pukul 06.10 WIB, berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang pada pukul 06.25 WIB di wilayah Senayang, Lingga, Lingga Utara, Lingga Timur, Selayar, Singkep Pesisir, Singkep Barat, Singkep Selatan, Singkep, Teluk Sebong, Taopoya, Kota Tanjungpinang, Mantang, Gunung KIjang dan sekitarnya.

Kondisi ini diprakirakan masih akan berlangsung hingga pukul 09.00 WIB dan dapat meluas ke wilayah Bintan Pesisir, Tambelan dan sekitarnya. (ham)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here