BatamXinwen, Batam – Mendukung kelancaran arus mudik 2018, Badan Narkotika Nasional (BNN) Kepri dan BNN Batam melakukan tes urine terhadap puluhan crew Kapal di Pelabuhan Domestik Sekupang (PDS), Rabu (6/6) siang.

Kegiatan tersebut, guna menjamin keselamatan di jalur penyeberangan laut sekaligus untuk menekan angka pengguna narkoba di kalangan pelaut.

Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Kepri Brigjen Ricard N mengatakan, kegiatan tes urine ini terbilang disengaja guna meminimalisir pihak penyedia jasa angkutan lebaran yang terlibat penyalahgunaan narkoba sebagai bentuk keseriusan aparat keamanan dalam menjamin keselamatan para penumpang.

“Tadi ada tiga awak kapal terindikasi positif menggunakan narkoba jenis sabu dan ekstasi. Ketiganya langsung diperiksa lebih lanjut,” ucapnya saat ditemui BatamXinwen di pelabuhan Sekupang.

Ia juga menegaskan, untuk ketiga crew kapal tersebut akan ditindak dan ditelusuri asal barang haram yang digunakannya.

“Kita akan lakukan interogasi awal, selanjutnya akan kita dalami kasusnya agar tidak ada lagi yang positif mengunakan narkoba. Baik itu anak buah kapal maupun nahkoda,” tegasnya.

Ia juga mengimbau kepada calon penumpang, agar lebih selektif memilih armada kapal penyebrangan yang akan digunakan sebagai sarana mudik lebaran.

“Kegiatan tes urine seperti ini, akan terus dilakukan di pelabuhan dan bandara. Bersifat acak dan dadakan, guna meminimalisir penyalahgunaan narkoba oleh penyedia jasa transportasi dalam arus mudik lebaran,” tandasnya. (pca)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here