Bogor Tourism, Mart dan Expo bersama Biattex 2020 di Grand Batam Mall. Foto: Dispudbar

Batamxinwen, Batam – Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam, Ardiwinata membuka kegiatan Bogor Tourism, Mart, dan Expo bersama Biattex Expo 2020. Kegiatan ini merupakan pameran pertama dari luar daerah selama pandemi di Kota Batam.

Pameran ini berlangsung di Grand Batam Mall dari Hari Kamis sampai Hari Minggu 12-15 November. Ardi mengucapkan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan pameran di Kota Batam.

“Kota Batam dikenal dengan Kota MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition), banyak expo, pertama dari daerah digelar di Kota Batam,” katanya, Kamis (15/11).

Dalam sambutannya, Ardi berharap kegiatan pameran ini menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah, seperti memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer.

Dalam Sambutannya, Kepala Dinas Pariwisata Ardiwinata Berharap Kegiatan Pameran Ini Menerapkan Protokol Kesehatan Sesuai Anjuran Pemerintah, Seperti Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Memakai Hand Sanitizer/BX/Ist

“Disbudpar Kota Batam sudah mengeluarkan 14 protokol kesehatan diantaranya untuk hotel, restoran, spa, dan lain-lain,” sebutnya.

Ia menyampaikan Kota Batam merupakan kota strategis berdekatan dengan negara Singapura dan Malaysia. Kota Batam sangat cocok sebagai tempat promosi produk kerajinan, kuliner, busana, pariwisata, investasi, pertanian, dan sebagainya.

“Apapun produknya jangan ragu-ragu dipromosikan di Batam sebagai cara meningkatkan kualitas produk dan meningakatkan data ingat terhadap produk kita,” pesan Ardi.

Penyelenggara Bogor Tourism, Mart dan Expo Bersama Biattex 2020, Widya Zaskia mengatakan merupakan pameran tahun ke-7 diselenggarakan di Kota Batam. bertujuan untuk kemperkenalkan produk dan potensi daerah lain di Indonesia.

“Batam salah satu gerbang masuk Asia dan banyak potensi yang kita bisa promosikan di Kota Batam,” katanya.

Pameran ini dimeriahkan dengan produk kerajinan, investasi, kuliner diantaranya dari produk unggulan Kabupaten Bogor, Kabupaten Lamongan, Kabupaten Bintan, Kota Batam, dan Kota Palangkaraya.
Ardi Kenalkan Batik Ikan Marlin Kepada Pengunjung Bogor Tourism, Mart dan Expo Bersama Biattex 2020

Disbudpar Batam- Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam, Ardiwinata kenalkan batik ikan marlin kepada pengunjung Bogor Tourism, Mart dan Expo Bersama Biattex 2020. Batik ikan marlin salah satu motif batik dari Kota Batam.

Ardi mengatakan batik marlin merupakan batik yang dikenalkan oleh Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Batam. Kain batik ikan sudah dipromosikan baik dalam negeri dan luar negeri, seperti negara Singapura, Malaysia, Cina, Australia.

“Baru-baru ini kain Batik Batam ikan marlin kami promosikan di Kota Bandung, Jawa Barat,” katanya, usai membuka Bogor Tourism, Mart dan Expo Bersama Biattex 2020, bertempat di Grand Batam Mall, Kamis (15/11).

Ardi menyampaikan kain batik Batam mengangkat warna-warna cerah seperti biru, merah, kuning, hijau. Dengan motif mengangkat motif biota laut, seperti ikan marlin, gonggong, dan sebagainya.

Tak hanya dipromosikan, Dekranasda Kota Batam juga membuat kegiatan Batam Batik Fashion Week dengan tujuan memperkenalkan Batik Batam kepada masyarakat dan wisatawan baik domestik dan mancanegara. Serta dapat meningkatkan kreativitas pengrajin dan perancang busana di Kota Batam.

“Melalui kegiatan Batam Batik Fashion Week bisa mempromosikan batik Batam kepada masyarakat lokal maupun mancanegara serta mengangkat karya emas perancang batik binaan Dekranasda,” katanya.

Selain batik ikan marlin, Ardi juga mengenalkan ragam kerajinan dari Kota Batam diantaranya lampu hias, kerajinan dari kerang, dan sebagainya.

Ketua Dekranasda Kota Palangkaraya, Emnestiningsi mengatakan batik salah satu kerajinan, semua daerah di Indonesia mempunyai batik khasnya. “Kami merasa bangga daerah di Indonesia punya batik, Kota Batam punya batik ikan marlin sedangkan Kota Palangkaraya punya batik benang bintik,” katanya.

Ia menilai batik di Kota Batam motifnya sesuai dengan daerahnya ragam biota laut ditampilkan dalam motif batik. Warna batik Batam terang sesuai dengan daerah kepulauan. “Motifnya menandakan daerah kepulauan, bagus, elegan, dan warnanya terang,” ucapnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here