Chairman Samsung Group Lee Kun Hee. (Foto: AFP)

Batamxinwen, Jakarta – Chairman Samsung Group, Lee Kun Hee telah meninggal dunia pada Minggu (25/10/2020). Lee meninggal setelah dirawat di rumah sakit karena serangan jantung sejak Mei 2014.

“Dengan sangat sedih kami mengumumkan meninggalnya Lee Kun Hee, pimpinan tertinggi Samsung Electronics. Lee meninggal dunia pada 25 Oktober, dihadiri keluarganya, termasuk Wakil Ketua Samsung Electronics Lee Jae-yong di sisinya,” ujar juru bicara Samsung Electronics dikutip dari AP News, Minggu (25/10/2020).

Pria kelahiran Uiryeong-gun, Korea Selatan pada 9 Januari 1942 itu meninggalkan seorang putra, Lee Jae-yong dan tiga orang putri Lee Boo-Jin, Lee Yoon-hyung, Lee Seo-hyun. Lee mewarisi usaha dari ayahnya dan selama hampir 30 tahun kepemimpinannya, Samsung menjadi merek global dan pembuat smartphone, televisi, dan chip memori terbesar di dunia.

Samsung berhasil menjadi konglomerat bisnis terbesar yang dikendalikan keluarga di Korea Selatan dan membantu perekonomian negara terbesar keempat di Asia itu. Bisnis Lee juga meliputi pembuatan kapal, asuransi jiwa, konstruksi, hotel, pengoperasian taman hiburan dan banyak lagi.

Samsung Electronics sendiri menyumbang 20 persen dari modal di pasar saham utama Korea Selatan. Lee meninggalkan kekayaan yang sangat besar. Forbes menempatkan dirinya sebagai orang terkaya di Korea Selatan dengan harta bersih mencapai 20,9 miliar dolar AS (Rp306 triliun).

“Lee adalah seorang visioner sejati, yang mengubah Samsung menjadi inovator dan pembangkit tenaga industri terkemuka dunia dari bisnis lokal. Kami semua di Samsung akan menghargai ingatannya, simpati terdalam kami untuk keluarga, kerabat, dan orang-orang terdekatnya. Warisannya akan abadi,” tulis pihak Samsung.

Sumber: Inews.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here