Cai Changpan alias Antoni (Dok: Polisi)

Batamxinwen, Jakarta – Narapidana dari Lapas Tangerang, yang menjadi buronan polisi setelah kabur, Cai Changpan alias Cai Ji Fan, akhirnya ditemukan oleh polisi. Hanya, warga negara China tersebut ditemukan dalam kondisi tak bernyawa.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus menyatakan, pihaknya menemukan sang buronan dalam keadaan gantung diri. Dia ditemukan di dalam Hutan Jasinga, Bogor, Jawa Barat sekira pukul 10.30 WIB.

“Kami temukan meninggal dunia gantung diri,” kata Yusri Yunus kepada wartawan, Sabtu (17/10/2020).

Yusri mengatakan, pihaknya bergerak ke hutan Jasinga dan melakukan pencarian. Namun, pihaknya menemukan sang buronan dalam keadaan tak bernyawa.

“Tim bergerak ke Hutan Jasinga, ke tempat pembakaran ban dan memerintahkan tim mencari. Pagi tadi diakukan penggerebekan dan kita temukan Cai Changpan sudah meninggal dunia,” sambungnya.

Belum diketahui secara pasti kronologi Cai Changpan nekat gantung diri. Kekinian, polisi masih mendalami kasus tersebut.

“Saat ini masih kita dalami,” kata Yusri.

Sebelumnya, Cai Ji Fan melarikan diri dari Lapas Kelas 1 A Tangerang melalui gorong-gorong yang dibuatnya, pada Senin (14/9/2020).

Gorong-gorong tersebut diduga dibuat dari kamar tahanan selama 8 bulan hingga menembus saluran pembuangan air perkampungan warga di Jalan Veteran, RT 003 RW 4 Kelurahan Babakan, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang. Tepatnya berada di sebelah kiri pintu gerbang Lapas.

Belakangan diketahui bahwa Cai Ji Fan menggali gorong-gorong tersebut menggunakan alat perkakas bangunan seperti sekop, obeng hingga pompa air.

Satu-persatu fakta di balik pelarian Cai Ji Fan pun akhirnya terungkap. Salah satunya, terkuak bahwa Cai Ji Fan sempat membeli rokok di sekitar lapas dan pulang ke rumahnya di Bogor, Jawa Barat. Hal itu terungkap berdasar hasil pemeriksaan terhadap istri Cai Ji Fan.

Sumber: Suara.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here