Cara Konfirmasi Subsidi Gaji bagi Penerima SMS BPJS Ketenagakerjaan

foto :Internet

Batamxinwen – Beberapa hari terakhir banyak pengguna ponsel yang menerima pemberitahuan pesan singkat atau (SM) yang mengatasnamakan BPJS Ketenagakerjaan. Dalam pesan itu, penerima disuruh untuk segera melakukan registrasi data sebagai calon penerima bantuan subsidu upah (BSU) atau gaji senilai Rp 600 ribu.

Namun, tidak sedikit pula penerima yang merasa khawatir sebagai tindak penipuan dengan pesan singkat itu. Apalagi, belakangan ini banyak semakin beragam jenis penipuan online yang mengirim pesan singkat dan bahkan menelepon langsung.

Satu Karyawan Terpapar Covid-19, Pabrik Khong Guan Diminta Hentikan Operasional Sementara

Menanggapi hal itu, Direktur Utama BP Jamsostek, Agus Susanto, mengatakan SMS tersebut bukan penipuan selama terdapat tautan ke situs resmi BPJS Ketenagakerjaan. Pesan SMS dikirimkan personal kepada para pekerja dengan potensi lolos kriteria Permenaker 14/2020

“Kami persilakan untuk para pekerja agar meng-update data mereka melalui tautan tersebut,” kata Agus sebagaimana disadur dari Kompas.

Ia menjelaskan, tautan yang dikirimkan kepada masing-masing peserta merupakan tautan unik yang hanya bisa diakses oleh peserta yang menerima SMS berisi tautan dimaksud.

SMS ini disampaikan pada peserta yang telah berhenti bekerja dan mencairkan Jaminan Hari Tua atau JHT, namun masih tercatat peserta aktif pada 30 Juni 2020. Artinya, pekerja yang kepesertaannya masih aktif tidak mendapatkan SMS notifikasi tersebut.

“Berdasarkan data kami, saudara calon penerima Bantuan Subsidi Upah dari Pemerintah. Segera registrasi melalui link berikut: bsu.bpjamsostek.id/,” bunyi pesan yang dikirimkan BPJS Ketenagakerjaan tersebut.

Bagi pekerja yang menerima notifikasi SMS seperti teks di atas, harus segera melakukan konfirmasi regstrasi nomor rekening untuk pencairan BLT bantuan BPJS.

Berikut cara melakukan konfirmasi SMS notifikasi bagi pekerja penerima subsidi gaji BPJS Ketenagakerjaan:

Mulai Berlaku Hari Ini, Sanksi Bagi Warga Batam yang Tak Patuhi ProtKes

1. Klik link tautan yang dikirimkan BPJS Ketenagakerjaan bsu.bpjamsostek.id/

2. Penerima SMS akan diarahkan ke laman resmi BSU BPJS Ketenagakerjaan. Di bagian atas dashboard tertera nama peserta BPJS Ketenagakerjaan

3. Klik tombol biru di sebelah kanan bawah

4. Isi nama bank dan nomor rekening untuk pencairan BLT.

5. Pastikan untuk menggunakan nomor rekening bank yang aktif dan merupakan rekening sendiri, bukan rekening orang lain

6. Jangan lupa untuk mengklik kode capthca

7. Jika datanya sudah benar, klik tombol biru di sisi kanan bawah

8. Selesai dan tunggu pencairan BLT BPJS di rekening pekerja

Agus juga mengimbau kepada masyarakat pekerja agar selalu waspada terhadap munculnya potensi penipuan hingga pencurian data.

Jadi jika ada pekerja yang merasa kriterianya telah terpenuhi sebagai penerima BLT BPJS, cukup menunggu dana ditransfer ke rekening, tidak perlu memberikan data atau informasi pribadi kepada pihak yang tidak berwenang.

Sebagai informasi, BLT BPJS Ketenagakerjaan atau bantuan BPJS menyasar karyawan swasta dengan gaji di bawah Rp 5 juta. Pencairan BLT ini dimulai sejak 27 Agustus lalu dan dilakukan bertahap hingga akhir September 2020.

Pemerintah menyiapkan anggaran Rp 37,7 triliun untuk program subsidi gaji Rp 600.000 dengan jumlah penerima mencapai 15,7 juta pekerja yang terdaftar sebagai peserta aktif BPJS Ketenagakerjaan per Juni 2020.

Pria Wajib Tau, Ada 4 Makanan yang Diklaim Bisa Tingkatkan Kejantanan

Penerima subsidi gaji karyawan ini akan menerima bantuan Rp 600.000 per bulan selama 4 bulan. Pembayarannya dilakukan sebanyak 2 tahap atau Rp 1,2 juta setiap penyaluran.

Lebih lanjut, bila calon penerima bantuan subsidi gaji mengalami kendala saat pengisian data, maka segera berkoordinasi dengan Divisi Pengembangan Sumber Daya Manusia (Human Resource Development/HRD) perusahaan masing-masing.

SMS dari BP Jamsostek merupakan upaya untuk melakukan pendataan terhadap peserta yang tidak aktif lagi pada perusahaannya bekerja, namun aktif sebagai peserta BP Jamsostek hingga 30 Juni 2020.

Sesuai kategori penerima bantuan subsidi gaji yang diatur dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) Nomor 14 Tahun 2020.[]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here