Batamxinwen, Bintan – Memiliki Surat Ijin Mengemudi (SIM) adalah syarat mutlak bagi pengendara. Lulus uji kemampuan berkendara dan berlalulintas secara aman adalah wajib bagi pengendara untuk mendapatkan SIM. Punya SIM, pengendara dianggap mampu berkendara dan berlalu lintas secara aman. Artinya, resiko kecelakaan saat berlalulintas berkurang.

Kebanyakan, dengan sejumlah alasan, banyak pelajar yang difasilitasi kendaraan oleh orang tuanya untuk pergi ke sekolah. Namun, mereka belum memiliki ijin mengendarai yang mendapatknnya harus ditempuh dengan pengetahuan tentang rambu dan aturan berlalulintas. Saat berkendara, mereka tentu lebih beresiko mengalami kecelakaan.

Selain menjadi ijin berlalulintas, SIM juga menjadi syarat utama bagi pengendara yang mengalami resiko kecelakaan, untuk mendapatkan jaminan pelayanan kesehatan, serta santunan Jasaraharja.

Terkait betapa pentingnya SIM bagi pengendara, terutama bagi para pelajar yang kebanyakan mengendari sepeda motor, Satuan Lalulintas Polres Bintan akan lebih tegas dalam menerapkan aturan mengenai surat ijin mengemudi di kalangan pelajar.

Namun, Kasat Lantas polres Bintan, AKP Cut Amelia mengatakan, sebelum menerapkan aturan dan menindak tegas pelajar nanti, dalam waktu dekat pihaknya akan rutin menyambangi pelajar di sekolah-sekolah di wilayah Bintan.

“Kita akan melakukan sosialisasi ke pihak sekolah terkait aturan dan pentingnya pelajar yang mengendarai motor memiliki SIM,” ujar Cut Amelia pada Batamxinwen, Sabtu (5/1).

Selain itu, lanjut Cut Amelia, pihaknya juga akan membekali para pelajar dengan tips-tips serta pengetahuan berlalulintas yang aman, dan mendorong para pelajar untuk segera memiliki SIM.

“Hal ini kita lakukan sebagai bentuk antisipasi agar pelajar terhindar dari resiko kecelakaan dalam berlalulintas,” ujarnya.

Setelah aturan tentang wajibnya pengendara memiliki SIM ini diingatkan dan disosialisasikan, dan masih ditemui pelajar Bintan berkendara tanpa SIM, anggota Satlantas tidak akan segan menindak tegas.

“Yang jelas pengendara sepeda motor yang tidak memiliki SIM akan kita tilang. Memiliki SIM adalah peraturan yang harus dipatuhi oleh setiap pengendara,” kata Cut Amelia.

“Tiada Maaf Bagimu.” (yli)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here