Istimewa

Batamxinwen, Batam – Program Corporate Social Responsibility (CSR) memegang peranan yang sangat penting dalam mewujudkan keberlangsungan usaha Perusahaan.

Oleh karena itulah, bright PLN Batam memiliki komitmen jangka panjang Untuk melaksanakan program CSR sebagai bagian dari tanggungjawab perusahaan terhadap masyarakat dan lingkungan.

Salah satunya adalah, membentuk komunitas binaan yang berkelanjutan. Seperti membentuk Kampung Binaan bright PLN Batam di Desa Sijantung, Kelurahan Sijantung Kecamatan Galang, Batam, Provinsi Kepri.

Di sini, CSR bright PLN Batam menjadikan Desa Sijantung sebagai Kampung Binaan bright PLN Batam dengan program lingkungan serta pemberdayaan masyarakat. Melalui penanaman pohon, pembuatan wisata Hutan Mangrove, dan Pengembangan sumber daya manusia (SDM) dan Budaya khas Sijantung.

Kedepannya Desa Binaan bright PLN Batam akan menjadi salah satu Desa Wisata serta Desa Tertib Listrik, melalui program-program pemberdayaan masyarakat dan edukasi ketenagalistrikan sehingga dapat memicu desa-desa atau kawasan lain di Batam.

Direktur Operasional bright PLN Batam Awaluddin Hafid saat ditemui awak media disela-sela penanaman ratusan pohon Tabebuya di desa tersebut mengatakan bahwa kegiatan CSR tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya yang ada di wilayah kerja PLN Batam.

“PLN secara Nasional termasuk di Batam, memiliki program peduli lingkungan. Dimana kita .encoba berkontribusi terhadap lingkungan. Dan tidak hanya di sektor mangrove saja, akan tetapi kita melihat dimana kita bisa berkontribusi, bantu, dan bina,” jelasnya.

Rencananya, untuk di kawasan Sijantung ini nanti akan dibuat sebuah konsep wisata mangrove. Mengingat, potensi yang dimiliki sangat potensi.

“Jadi, disamping untuk mempertahankan hutan mangrove, juga berpotensi untuk dijadikan objek wisata. Dengan adanya hal ini tentunya diharapkan bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat,” terangnya.

Dan bright PLN Batam sendiri, tambahnya, akan tetap berkomitmen untuk tetap menjadikan kampung Sijantung untuk menjadi kawasan binaan.

Dan untuk mewujudkan ini, tentunya ada tantangan bagi bright PLN Batam. Yakni untuk menarik wisatawan dari luar ke kampung Sijantung, maka dibutuhkan peranan dari masyarakat setempat untuk menjaga lingkungan sendiri, keamanan, serta menjaga etika.

“Sehingga masyarakat dari luar Sijantung bisa tertarik dan akan tetap datang ke Sei jantung. Dan ini tantangan kita bersama. Dan untuk itu, mari kita bersama-sama untuk bahu membahu mewujudkan Sijantung untuk menjadi kampung wisata dengan ikon-ikon yang khusus,” terangnya. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here