Hingga jelang tutup tahun 2018, film 'Aquaman' berhasil membuat lonjakan box office sehingga masuk 10 film Hollywood paling laris di Indonesia tahun ini. Foto/BX/dok. Warner Bros Pictures/DC Comics

BatamXinwen – Sepanjang 2018, terdapat sejumlah film Hollywood yang sukses mendulang pendapatan box office dari penonton Indonesia.

CNNIndonesia.com mencoba mencatat dan merangkum sepuluh film Hollywood yang sukses mendulang uang di Indonesia pada setahun terakhir, sejak Desember 2017 hingga akhir November 2018.

Menariknya, dari 10 film ini saja, sudah terkumpul US$108,7 juta atau setara dengan Rp1,5 triliun bila kurs US$1=Rp14.554, Selasa (25/12).

Berdasarkan data box office yang dicatat dan dikumpulkan dari Box Office Mojo, film Avengers: Infinity War tercatat sebagai film Hollywood dengan pendapatan terbesar di Indonesia.

Meski terbilang baru tayang pada 14 Desember, film ‘Aquaman’ berhasil masuk ke jajaran box office setelah pada akhir pekan debutnya di Indonesia sukses mendapatkan US$5,3 juta.

Capaiannya semakin fantastis saat memasuki pekan kedua. Box Office Report, pada Minggu (23/12), melaporkan bahwa ‘Aquaman’ sukses membawa pulang US$11,7 juta dari Indonesia.

Di sisi lain, masih ada kemungkinan akhir 2018 akan jadi peluang kemenangan bagi film Bumblebee yang baru tayang di Indonesia pada 20 Desember mendatang. Data film ini akan masuk pada 2019.

Berikut 10 film Hollywood dengan pendapatan tertinggi di Indonesia.

1. ‘Avengers: Infinity War’ = US$25,2 juta

Film Marvel satu ini memang ‘meledak’ di mana-mana, baik pasar domestik Amerika Utara, Indonesia, dan internasional. Di Indonesia, Avengers: Infinity War dilaporkan mendapat US$25.288.929 atau setara dengan Rp368 miliar.

2. ‘Jurassic World: Fallen Kingdom’ = US$13 juta

Meski hanya tercatat menguasai satu kali akhir pekan, Jurassic World: Fallen Kingdom mampu mempertahankan layar di pekan-pekan selanjutnya hingga mendulang uang cukup besar.

Film ini pada pekan pertamanya di Indonesia mendulang US$3,5 juta. Namun hingga akhir penayangannya, film yang dibintangi Chris Pratt ini mampu mengumpulkan US$13.950.645 atau kini setara dengan Rp203 miliar.

3. ‘Black Panther’ = US$12,4 juta

Sebelum Avengers: Infinity War, film ‘Black Panther‘ menjadi buah bibir di pasar domestik Amerika Utara. Di Indonesia pun serupa. Film ini mendulang US$12.448.743 atau yang kini setara dengan Rp181,1 miliar.

Menurut data Box Office Mojo, Black Panther sebenarnya menguasai dua pekan penayangan di Indonesia. Namun ketika menjelang awal Maret, ada film Red Sparrow yang memecah penonton.

4. ‘Aquaman’ = US$11,7 juta

Perolehan menarik ditunjukkan film DC yang paling dinanti ini, Aquaman. Baru tayang pada pertengahan Desember, pekan debutnya langsung menghasilkan US$5,3 juta atau sekitar Rp77 miliar.

Bahkan perolehan di Indonesia mampu menjadi kedua tertinggi di Asia setelah China, lantaran Aquaman belum tayang di Jepang dan Korea Selatan kala itu.

Namun ketika sudah memasuki pekan kedua, pada Minggu (23/12), Box Office Reportmelaporkan ‘Aquaman’ masih berjaya di Indonesia dengan mengumpulkan US$6,4 juta sehingga menggenapi pendapatannya menjadi US$11,7 juta atau Rp170,2 juta.

Berkat perolehannya ini, ‘Aquaman’ berhak dihitung sebagai salah satu film box office terlaris 2018.

5. ‘Mission: Impossible – Fallout’ = US$10,9 juta

Aksi ekstrem Tom Cruise nyatanya masih menarik bagi penonton film Indonesia. Ini terbukti dari pendapatan Mission: Impossible – Fallout yang mendulang US$10.950.422 atau setara dengan Rp159,3 miliar.

6. ‘Ant-Man and the Wasp’ = US$10 juta

Marvel kembali menempatkan wakilnya di jajaran film box office di Indonesia melalui sekuel kisah Ant-Man. Ant-Man and the Wasp sukses membawa pulang US$10.005.439 atau sekitar Rp145,6 miliar.

7. ‘Insidious: The Last Key’ = US$9,2 juta

Penonton Indonesia memang gemar akan film horor. Hal ini dibuktikan dengan Insidious: The Last Key yang masih mampu mendulang penonton, meski banyak kritikan setelahnya. Film ini mendulang US$9.299.634 atau sekitar Rp135,3 miliar di Indonesia.

8. ‘Maze Runner: Death Cure’ = US$6,5 juta

Seri ketiga dari kisah The Maze Runner ini menempati posisi tujuh berkat kemampuannya menggalang pendapatan hingga US$6.519.034 atau setara dengan Rp94,8 miliar.

Jumlah tersebut mestinya masih bisa bertambah mengingat Death Cure menjadi jawara box office Indonesia selama tiga pekan berturut-turut sejak rilis pada akhir Januari.

Namun diduga penonton lebih memilih menahan diri untuk ke bioskop hingga ‘Black Panther’ rilis pada pertengahan Februari.

9. ‘Pacific Rim Uprising’ = US$5,6 juta

Serupa dengan kejadian Death Cure, film Pacific Rim Uprising membuktikan diri mampu menjadi jawara box office hingga dua pekan.

Namun pada masa perilisannya yang jatuh pada pertengahan Maret, tampaknya memang sepi penonton sehingga film ini hanya sanggup mengumpulkan US$5.699.027 atau setara dengan Rp82,9 miliar.

Setelah Uprising turun layar, film A Quite Place menggantikannya berkat ulasan bagus yang membuat orang-orang penasaran. Namun usai masa tenang, Avengers: Infinity War membawa kegaduhan ke box office Indonesia.

10. ‘Skyscraper’ = US$4,2 juta

Film yang dibintangi oleh Dwayne ‘The Rock’ Johnson ini menjadi penutup 10 besar film terlaris berkat raihan US$4,2 juta atau sekitar Rp61,1 miliar.

Sumber : CNN Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here