ist

Batamxinwen, Jakarta – Desainer iPhone Jony Ive menyatakan mundur dari Apple. Perancang desain iMac, iPod, iPhone, bahkan Apple Store, itu sudah berkarier lebih dari dua dekade.

Dalam sebuah wawancara dengan Financial Times, Ive mengumumkan akan meninggalkan Apple setelah lebih dari dua dekade untuk membangun agensi kreatif bernama LoveFrom. Nantinya, Apple akan menjadi klien pertama dari perusahaan baru Ive tersebut.

Mundurnya Ive dari Apple akan mulai berjalan efektif pada akhir tahun ini dan LoveFrom sendiri baru akan diluncurkan secara formal pada 2020.

Tentu ini menjadi akhir dari sebuah era. Ive merupakan pemimpin desain Apple yang telah menelurkan berbagai karya yang menginspirasi produk-produk teknologi lain.

Jony Ive, yang memiliki nama lengkap Jonathan Ive, bekerja di Apple pertama kali pada 1992 sebagai bagian dari divisi desain. Kemudian kariernya berkembang pesat setelah berperan penting dalam merancang desain produk-produk andalan Apple, seperti iMac, iPod, hingga iPhone.

Kemudian, perannya di Apple menjadi semakin penting ketika Co-Founder Apple, Steve Jobs, meninggal pada 2011 silam.

Untuk saat ini, Apple belum menunjuk Chief Design Officer baru untuk menggantikan posisi Ive. Alan Dye, yang memimpin tim user interface Apple, dan Evans Hankey, kepala desain industri, akan melapor langsung ke Chief Operating Officer Jeff Williams.

“Ini seperti waktu yang alami dan tepat untuk melakukan perubahan ini,” ujar Ive, dalam wawancara dengan Financial Times tersebut.

Ini menjadi waktu yang krusial bagi Apple, melihat penjualan yang menurun, perang dagang antara Amerika Serikat dan China, dan mundurnya kepala ritel Apple Angela Ahrendts pada April lalu.

Apple juga sedang berusaha fokus untuk mengembangkan layanan-layanan software.

Agensi yang dibangun Ive, LoveFrom, belum diketahui apa saja yang akan dikerjakannya. Ive hanya mengatakan ia akan tetap bekerja di bidang teknologi dan juga kesehatan. Desainer Apple yang lain, Marc Newson, juga keluar dari perusahaan untuk mengikuti bisnis baru Ive tersebut. (*)

Sumber: Kumparan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here