BatamXinwen, Karimun – Destinasi wisata Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau menjadi andalan utama para pengusaha travel dalam menjalankan roda usahanya dalam menyediakan dan mempromosikan perjalanan wisata di Kabupaten Karimun.

Travel Cahaya Karimun T&T Tanjung Balai Karimun contohnya, selalu mempromosikan Objek-objek wisata di Kabupaten Karimun dalam penawaran perjalanan paket wisatanya ke Indonesia yang terbagi dalam 2 paket, yang terdiri dari perjalanan selama 3 hari 2 malam selama di Kabupaten Karimun dengan mengunjungi perbelanjaan tradisional, objek wisata, dan Wisata Religius

Sedangkan paket lainnya terdiri dari perjalanan 2 hari 1 malam, dengan tujuan mengunjungi pusat perbelanjaan dan objek wisata sedangkan paket perjalanan lainnya merupakan paket yang disesuaikan dan tentunya dengan harga yang cukup terjangkau.

“Yang paling banyak dari objek Wisatanya. Seakita 50 persen jika dibandingkan dari tujuan lainnya,” kata Zulkifli, Pimpinan Travel Cahaya Karimun, di Tanjung Balai Karimun, Jumat (13/7).

Zulkifli mengatakan selama menjalin kerjasama kepada Dinas Pariwisata dalam mendatangkan wisatawan asing, pihaknya mampu mendatangkan 1500 sampai 2000 orang dalam setahun.

Mulai dari kunjungannya akan pesona objek wisata Karimun, hingga maksud dan tujuan tertentu meyengajakan diri berkunjung ke Kabupaten maritim ini seperti study banding dalam dunia pendidikan maupun tujuan dibidang lainnya.

“Beberapa paket tour dan travel yang kita tawarkan justru yang terbanyak memilih wisata. Sedangkan untuk tour study banding dan lainnya hanya kelompok-kelompok tertentu,” katanya.

Ia menjelaskan dari kunjungan para wisatawan tersebut, beberapa persen diantara melakukan kunjungan akademisi melalui study banding di pesantren dan beberapa yayasan-yayasan yang mengelola pendidikan anak usia dini (PAUD) di Kabupaten Karimun sedangkan beberapa lainnya lebih memilih wisata religi dan mengunjungi objek wisata lainnya.

Objek Wisata seperti Pantai Pongkar yang berada di sisi Timur Kabupaten Karimun atau lebih tepatnya berada di Desa Pongkar Kecamatan Tebing, Pantai Pelawan yang berada di Desa Pangke Dan lain sebagainya hingga saat ini menjadi tujuan wisatawan asing Ke Karimun.

“Jika dibandingkan dengan paket wisata yang kita tawarkan, kunjungan ke objek wisata justru lebih diminan ketimbang yang lainnya,” katanya.

Menurutnya destinasi wisata di Kabupaten maritim ini cukup menjanjikan jika dikelola dengan serius, sebab menurutnya letak geografis Kabupaten Karimun yang berada tepat di perbatasan yang berbatasan langsung dengan negara tetangga Malaysia dan Singapura ini menjadi tujuan pertama para wisatawan.

Meskipun destinasi wisata lainnya berpotensi juga di Kabupaten Karimun ini, namun persentase yang berhasil di surveynya ialah tingkat kunjungan wisatawan asing ke objek wisata masih mendominasi.(Nursali)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here