BatamXinwen, Batam – Untuk mencegah genangan air di beberapa titik di Kota Batam, Dinas Binamarga dan suber daya air dan Mineral Batam, segera melakukan Normalisasi saluran Drainase di depan laluan Madani, tepatnya di bawah Simpang jam, Jalan Jend. Sudirman, Sabtu (22/9).

Hal itu, diungkapkan Kepala Dinas Binamarga dan Sumber Daya Air Kota Batam, Yumasnur, Ia mengaku, Genangan itu pun terjadi akibat Drainase yang di informasikan warga mengalami penyempitan dan sudah mulai dangkal. Sehingga air meluap dikala hujan turun deras di Kota Batam.

“Terkait dengan keluhan warga terhadap drainase yang mulai dangkal dan air sering meluap ke jalan raya tersebut, kita akan segera menurunkan alat berat untuk melakukan normalisasi terhadap drainase itu secepatnya,” Kata Yumasnur.

Ia juga memberitahu, sebelumnya pihaknya juga sudah melakukan normalisasi di drainase tersebut secara bertahap. Di tempat lain juga tengah dilakukan normalisasi seperti di Batuaji dan Sekupang.

“Namun, karena mungkin sudah mulai lama tidak dilakukan normalisasi, dan air yang mengalir dari hulu hingga hilir membawa matreal tanah dan batu akhirnya menyebabkan terjadi pendangkalan terhadap saluran air atau drainase dibawah,” terangnya.

Selain itu, Ia juga mengatakan, Akhir-akhir ini intensitas curah hujan di Kota Batam terbilang cukup tinggi, sehingga air yang mengalir mengandung matreal sisa pembangunan proyek pelebaran jalan, hal itu diketahui dapat memicu penyempitan saluran drinase.

“Nah sehingga air menjadi meluap disaat intesitas debit air tinggi di drainase, dan akhirnya menggenangi jalan raya yang berada di bawah jembatan layang laluan madani,” terangnya.

Sementara itu, pantauan dilokasi, terlihat saluran drainase lumayan menyempit akibat tanah sisa pembangunan, ditambah pohon dan rumput yang tumbuh subur tanpa ada perhatian dan upaya dari Dinas terkait untuk melakukan normalisasi.(pca)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here