BatamXinwen, Kepri – Penyebaran penyakit Campak dan Rubella untuk wilayah Indonesia masih sangat berpeluang. Namun, masyarakat Indonesia hingga saat ini masih menganggap penyakit ini adalah hal yang biasa.

Sementara, dalam penularannya dua jenis penyakit ini merupakan penyakit infeksi virus akut yang sangat menular.

Untuk itu, Kementerian Kesehatan melakukan penyebaran informasi melalui pesan singkat seluler yang berisi “Berikan Imunisasi MR pada anak usia 9 bulan hingga 15 tahun di bulan Agustus-September, agar terlindung dari bahaya penyakit Campak dan Rubella. Info: kemkes.go.id”

Didi Kusmarjadi, Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam saat dikonfirmasi BatamXinwen mengaku telah melakukan sosialisasi ke Puskesmas, Puskesmas Pembantu dan Rumah Sakit yang bertujuan untuk mengingatkan masyarakat Batam agar melakukan imunisasi MR pada anak-anaknya.

“Kami sudah berkoordinasi dengan Puskesmas melakukan sosialisasi,”jelas Didi.

Hal yang sama juga dilakukan Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Tanjungpinang, yang saat ini gencar melakukan sosialisasi.

Dengan sasaran kampanye ini yaitu anak usia 9 bulan sampai dengan anak usia 15 tahun. Pemberian imunisasi untuk anak sekolah, mulai PAUD, TK, SD, dan SMP akan dilakukan pada bulan Agustus.

Sebagaimana diketahui, Vaksin MR adalah kombinasi vaksin campak / Maesles (M) dan Rubella (R) untuk perlindungan terhadap penyakit Campak dan Rubella yang menular melalui nafas yang disebabkan oleh virus Campak dan Rubella. (dit/yli)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here