Batamxinwen, Jakarta – Buntut kasus penyelundupan barang mewah seperti sepeda Brompton dan spare part motor Harley Davidson bekas yang dibawa pesawat baru Airbus A330-900 Neo milik Garuda Indonesia dari Perancis beberapa waktu lalu, Direksi PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk terancam dirombak.

Menteri BUMN Erick Thohir mengungkap dia masih menunggu investigasi yang dilakukan Direktorat Jenderal Bea Cukai Kementerian Keuangan.

“Saya belum ada rencana (merombak direksi Garuda Indonesia). Tapi ya kita lihat aja proses yang ada sekarang ini ya kita tunggu. Saya rasa Bu Sri Mulyani sendiri sudah menginstruksikan Kepala Bea Cukai untuk melihat setransparan mungkin dan beliau juga melihat turun langsung, saya tinggal menunggu,” tegas Erick saat ditemui di Hotel Ritz Carlton, Jakarta Selatan, Rabu (4/12).

Erick menekankan direksi BUMN harus memiliki akhlak yang baik dan amanah saat menjalankan tugas. Untuk itu, apabila direksi Garuda Indonesia memang terlibat dalam kasus penyelundupan barang mewah di pesawat Garuda pilihannya ada dua, mengundurkan diri secara sukarela atau dicopot paksa.

“Biarkan saja Bea Cukai melihat, ada enggak kasus-kasus yang benar-benar seperti yang dilaporkan. Kalau benar ya harus dicopot yang lebih baik sebelum ketahuan mengundurkan diri itu kayak samurai Jepang kalau memang itu benar. Kita juga mesti ada praduga tak bersalah ya tapi kalau benar ya kita coba,” sebut Erick.

Sebelumnya, Kasubdit Komunikasi dan Publikasi Ditjen Bea Cukai Kemenkeu Deni Surjantoro menegaskan, 18 kotak yang berisi barang mewah itu milik penumpang VIP yang ikut dalam pendaratan pertama Airbus baru Garuda tersebut.

kumparan pun memperoleh nama-nama penumpang VIP pesawat Garuda Indonesia saat tiba di Bandara Soetta pada 17 November.

Nama-nama Penumpang VIP Garuda Indonesia:

1. I Gusti Ngurah Askhara (Dirut Garuda)

2. I Gusti Ayu Rai Dyana Dewi

3. Iwan Joeniarto

4. Etty Rasfigar

5. Mohammad Iqbal

6. Ratih Agustanti

7. Retno Bayusari Sukradewi

8. Heri Akhyar

9. Widyasih Tumono

10. Diah Seruni Rizqiana Wulansari

11. Lokadita Sedimesa Brahmana

12. Simon Theo

13. Satyo Adi Swandhono

14. Nova Wijayanti P

15. Muhammad Fuad Rasyidi

16. Sugiono

17. Martha Emyua Taurisia

18. Judis Prastono Utama

19. Joe Surya

20. Alberto Blanco

21. Laurent Jean Yves.(*)

Sumber: kumparan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here